Ingin Memperpanjang Umur dan Amal dengan Menulis? Jagalah Konsistensinya Melalui Setip di Estrilook Community



Banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk menuliskan sesuatu, bahkan walaupun hanya sekedar status singkat di medsos…juga tak terlepas karena adanya sebuah alasan. Begitu pula dengan Saya, keinginan menulis sejak lama singgah ke dalam jiwa. Mau tahu nggak alasannya Dears? Setidaknya ada 4 (empat) latar belakang yang mendorong saya untuk menulis (hehehe...walaupun ada juga alasan lain yang mengiringinya) :
1.    Ingin Berbagi Pengalaman
Pahit manis dan asam garam kehidupan yang saya jalani hingga menginjak usia sekarang (di atas 40 tahun), membangkitkan rasa untuk berbagi kepada banyak orang. Berbagai cerita ingin dituangkan melalui tulisan. Diantaranya mulai dari kebahagiaan masa kecil saya, masa sebagai anak rantau di ibukota Jakarta, aktivitas organisasi selama menjadi mahasiswa, aktivitas berorganisasi di masyarakat, kisah berumahtangga, pengalaman bekerja dan masih banyak lagi. Dorongan-dorongan tersebut memaksa saya untuk belajar dunia kepenulisan, agar bisa menulis dengan rapi, runtun dan nggak malu-maluin jika dibaca oleh banyak orang. Hee..

2.    Ingin Berbagi Pengetahuan
Profesi saya sebagai ahli gizi dan penyuluh kesehatan yang pernah bekerja di rumah sakit, klinik, dan puskesmas menyebabkan banyak bertemu orang dengan berbagai masalah kesehatan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan. Masih banyak masyarakat di sekitar yang belum tahu apa itu perilaku hidup bersih dan sehat, bagaimana pola makan yang sehat, bagaimana menjaga kesehatan diri dan keluarga,  dan hal-hal penting terkait pencegahan penyakit yang setiap saat selalu mengancam. Sementara kita tahu, pengetahuan menjadi dasar untuk seseorang berperilaku atau melakukan sesuatu. Bisa jadi mereka tidak melakukan karena tidak tahu, bukan tidak mau. Hal ini menjadi dasar saya ingin berbagi pengetahuan, agar semakin banyak orang yang mendapat informasi sesuai ilmu yang saya miliki, sehingga semakin sehat masyarakat dan generasi bangsa Indonesia.

3.    Sarana Menebar Kebaikan
    Salah satu cita-cita dalam hidup saya adalah ingin menjadi orang yang bermanfaat dan selalu menebar kebaikan. Beberapa yang mendasarinya adalah:
-       Alqur’an surah Al-Isra ayat 7: “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri”.
-        Hadist riwayat Muslim no.1893 : “ Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya”.
-       Hadist Rasul yang berbunyi: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”.
Saya mendapatkan sarana untuk mewujudkan cita-cita ini dengan menulis. Secara pribadi bukan materi yang ingin dikejar, namun ada kepuasan tersendiri ketika tulisan yang kita buat menjawab permasalahan atau ketidaktahuan seseorang. Masya Allah…

4.    Ingin Umur Panjang dan Berkah
“Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi”, demikian tulis Mbak Helvi Tiana Rosa, penulis best seller yang telah banyak melahirkan karya.
Tulisan yang dibuat, akan tetap ada dan abadi walaupun sang penulis telah meninggalkan dunia. Tulisan kebaikan akan memperpanjang amal seseorang walaupun ia telah meninggal karena menjadi amal jariah yang tak terputus karena kematian. Semoga tulisan-tulisan saya bisa menjadi amal jariah dan menambah keberkahan umur saya. Aamiin.

Menjaga Konsistensi Menulis Dengan Setip (Seminggu Tiga Postingan) Bersama Estrilook Community
Untuk menjadi seorang penulis butuh konsisten. Syaratnya adalah dengan menulis, terus menulis dan tetap menulis. Menurut saya ada beberapa tips untuk menjaga konsistensi menulis, diantaranya:
1.    Menulis Setiap Hari (One Day One Post)
Membiasakan diri untuk menulis setiap hari, baik itu berupa status di media sosial, atau posting artikel akan sangat membantu menjaga konsistensi menulis. Hal ini akan melatih diri untuk menuangkan setiap hal yang tertangkap oleh panca indra setiap harinya, sehingga ide tulisan bisa berasal dari mana saja, bahkan dari hal-hal kecil yang kita temui atau alami.

2.    Dengan Bergabung di Komunitas Menulis
Bergabung di komunitas menulis akan menambah motivasi dan semangat untuk menulis. Di saat diri merasa kendor menulis, suntikan semangat dari rekan komunitas akan sangat membantu memberi energi positif. Saat ini banyak sekali komunitas menulis di medsos yang dengan mudah dapat kita temukan. Perbanyak mengikuti komunitas akan melengkapi wawasan dan kemampuanmu. Saya sendiri mengikuti banyak komunitas seperti Alumni Sekolah Perempuan, Komunitas Menulis Online (KMO), Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), Estrilook Community, Komunitas Ibu Bahagia (KIB), Komunitas Bisa Menulis (KMB), Nubar (Nulis Bareng), Komunitas Penulis Muslimah Kalbar, dan lain-lain. 

3.    Mengikuti Setip (Seminggu Tiga Postingan)
Setip adalah program (chalenge) baru yang ditawarkan oleh Estrilook Community, yang akan membantu konsistensimu dalam menulis. Jika ODOP mengharuskan kita memposting satu tulisan setiap harinya, maka untuk Setip cukup tiga tulisan dalam 1 minggu. Info lengkap tentang syaratnya dapat kamu simak di bawah ini (seperti dimuat di grup facebook Estrilook Community:

Syarat SETIP :
1. Share tentang SETIP di Social Media kamu yaitu IG, FB, Twitter atau media social lainnya yang kamu punya. Jika hanya punya salah satu tak apa, yang penting posting mengenai SETIP supaya lebih banyak orang yang bisa ikutan.
2. Share gambar SETIP serta syaratnya dan mention juga minimal 2 teman kamu yang belum bergabung di Grup FB Estrilook.
3. Follow akun Estrilook Community di Instagram. Like Fanpage Estrilook dan bergabung di Grup FB Estrilook Community
https://www.facebook.com/groups/234318230607581/?ref=br_tf&epa=SEARCH_BOX
4. Posting mengenai SETIP di blog kamu dan alasan kenapa kamu mau ikut SETIP. Jangan lupa sertakan juga link estrilook.com di postinganmu, ya. 
5. Konsisten untuk ikut SETIP dan tak mundur di tengah jalan.
6. Jika ada yang tertinggal dalam event SETIP ini, boleh merapelnya.
7. Akan diberikan waktu hanya satu minggu ketika event SETIP selesai untuk mengejar ketertinggalan.
8. SETIP akan berlangsung selama 3 bulan, mulai Februari hingga April 2019. Tetap amanah dan tak banyak alasan ketika mengikuti event ini.
9. Jangan lupa setor link postingan kamu di grup FB Estrilook Community pada postingan yang telah disediakan oleh admin.
10. Postingan di blog masing-masing dan disetorkan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. 

Demikian Dears, sharing dari saya tentang latar belakang menulis yang merupakan cara untuk memperpanjang umur dan amal, serta cara menjaga konsistensinya. Jangan lupa ikuti program Setip yuk, agar kita tetap konsisten menulis. Salam literasi

#Memperpanjangumurdanamaldenganmenulis
#alasanmenulis
#Menjagakonsistensimenulis





Komentar

  1. Kuy ah, ikutan SETIP biat konsisten nulis.. Alhamdulillah sudah ikut heheh

    BalasHapus
  2. Saya skip ikut setip karena dah ikut odop huehehe
    Semangat mbaa

    BalasHapus
  3. Mantap bunda. Semangat ya. Terus menginspirasi ☺

    BalasHapus
  4. Semangat mengikuti SETIP, Mba. menulis memang banyak banget manfaatnya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
  5. Aku ikutan setip ketinggalan 3 hari nih. Pengen banget sehari nulis 2 artikel aduh tapi susah hahaa ide dan malesnya itu ya ampun. Padahal makin di nanti2 makin numpuk

    BalasHapus
  6. Bener banget mba ikut challenge kayak setip gini emang bikin semangat nulis soalnya "dipaksa" hehehehehe

    BalasHapus
  7. semangat mbak. saya juga ikutan setip. semoga bisa selesai sampai akhir challenge ya

    BalasHapus
  8. sama kita mbak, ikutan SETIP juga..selalu semangat buat kita semua...ciayooooo

    BalasHapus
  9. Semangaaat... Semoga tantangan SETIP berhasil kita taklukkan ya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Wah jadi diingetin saya masih ada bolongnya nih.. coz kmaren lagi ngejar lomba blog hehe

    BalasHapus
  11. umur panjang penuh berkah berlimpah, aminnnn. doa terbaik untuk kita semua yaaa mbaaa, terus mencetak karya yang bermanfaat

    BalasHapus
  12. Lagi usaha juga ikutan SETIP :)
    Aamiin, umur panjang barakah

    BalasHapus
  13. Semangat mbak semoga bisa konsisten sampai akhir yaa..saya juga ikutan nih hehehe

    BalasHapus
  14. Sip, Mbak. Februari hampir habis dan semoga kita masih konsisten nyetip :)
    Salut lho dengan ibu bekerja yang masih mau berbagi dengan tulisan spt Mbak :)

    BalasHapus
  15. Mbak Ida, kita satu buku di Merah Putih Indonesiaku.
    Selamat nyetip mbak.
    Moga sukses sampai akhir.

    BalasHapus
  16. Semangat mengikuti Setip mb smg konsisten hingga akhir program.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??