“U are What U Eat”, Wujudkan Tubuh yang Sehat dengan Makanan Sehat



Sahabat Minsanis,

Pernah dengar ungkapan “ U are what u eat? “, Slogan yang telah lama populer ini berarti “Kamu adalah yang kamu makan, maknanya bahwa kondisi tubuh dan status kesehatan (mu) sesuai dengan asupan makanan (mu). Apabila yang masuk makanan sehat, Insya Allah sehat pulalah ia, aktif dan produktif dalam mengisi kehidupan. Namun bagaimana bila sebaliknya Dears??
Makanan yang tidak sehat akan mengancam kehidupan seseorang. Mulai dari berkurangnya produktivitas, terkena berbagai macam penyakit (umumnya penyakit tidak menular) dan berujung pada nyawa sebagai taruhannya. 
Dewasa ini, penyakit tidak menular (PTM) mendominasi dan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. PTM ini banyak diakibatkan karena gaya hidup seseorang yang tidak sehat,  termasuk pola makan (misalnya: terlalu manis, terlalu asin, mengandung lemak jenuh, kurang serat dan lain sebagainya). 
Pengalaman … Jika sudah mengalami fase terkena penyakit, barulah seseorang dan orang sekitarnya mulai sibuk memperhatikan asupan makanannya, mulai membatasi makanan yang tidak dianjurkan untuk penyakitnya dan beralih ke pola makan sehat. Pertanyaannya: mengapa mesti menunggu sakit?? Mengapa tidak kita menerapkan pola makan sehat untuk mencegah timbulnya penyakit? Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati??
Dears, sesungguhnya menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari bukanlah sesuatu yang mustahil. Seperti kata pepatah, ala bisa karena biasa, begitulah dirinya. Pola makan sehat akan menjadi kebiasaan atau gaya hidup seseorang apabila ia membiasakan pada dirinya. Manfaat yang didapat tidak perlu diragukan lagi…selain mencegah penyakit, menghasilkan tubuh yang sehat dan produktif juga akan meningkatkan usia harapan hidup seseorang.

Berikut tips menyediakan makanan sehat bagi seluruh anggota keluarga:
1.      Mengandung Kecukupan Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Setiap Anggota Keluarga
Setiap orang mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda, sesuai dengan golongan umur, jenis kelamin dan aktivitasnya. Kebutuhan anak balita, remaja dan dewasa tentu berbeda. Ini dapat kita lihat di tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) orang Indonesia (bisa di download beserta anjuran porsi per hari).

2.      Memenuhi Pedoman Umum Gizi Seimbang
Asupan makanan yang sehat adalah memenuhi pedoman umum gizi seimbang. Diantaranya makanan beraneka ragam dan memenuhi unsur 4 bintang yaitu sumber makanan pokok, protein hewani, kacang-kacangan dan sayur serta buah.

3.      Terjaga Keamanan dan Kebersihan
Makanan sehat terjaga keamanan dan kebersihannya, baik dari aspek bahan, alat dan tenaga pengolahnya.

4.      Diolah dengan Menggunakan Air Bersih
Air bersih menjadi faktor penting yang tidak boleh diabaikan dalam pengolahan makanan, sehingga hidangan yang dikonsumsi benar-benar aman, bersih, higienis dan sehat.

Demikian Dears, hendaknya kita selalu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh kita agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Serta menjamin bahwa makanan kita adalah makanan sehat dengan memperhatikan tips yang diberikan di atas. Semoga kita bisa mewujudkannya dan salam sehat. 

#Setip
#Day3
#UareWhatuEat
#PolaMakanSehat
#TipsMenyediakanMakananSehat
#kisahmamaminsanis






Komentar

  1. makanan non penyedap (ajinomoto) juga salah satu cara untuk hidup sehat yaa mbak..

    BalasHapus
  2. poin no 1 tuh yang saya belum ngerti, patut dicoba nih

    BalasHapus
  3. Pengeahuan mengolah makanan dengan benar agar kandungan vitamin dan mineral tidak rusak itu juga penting untuk diketahui ya mb... Selama ini seringnya makan asal enak dan kenyang saja nih saya. 😅

    BalasHapus
  4. Menjaga pola makan memang sangat penting untuk.kesehatan di masa mendatang, sayangnya terkadang orang orang yang tak mau melakukannya karena menurut mereka makanan sehat itu gak enak hehehe

    BalasHapus
  5. Sepakat dengan ungkapan tersebut, You are what you eat. Kita bisa lihat, orang-orang yang sangat menjaga makanan yang akan dikonsumsi mempunyai kesehatan maupun kehidupan yang lebih baik daripada mereka yang tidak peduli dengan makanannya.

    BalasHapus
  6. Benar ya , apa yang kita makan mempengaruhi tubuh kita. Selama ini belum bisa memperhatikan pola makan untuk saya sendiri..hadeh..(noted ini)

    BalasHapus
  7. Point 3&4 sering dipraktekkan.nah yg point 1 dan 2 blm terlalu ngerti...btw makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  8. saya termasuk orang yang suka jajan sembarang. baca ini berasa digetok gitu. makasi mbak sudah diingatkan

    BalasHapus
  9. Poin 1&2 jarang saya perhatikan, asal bahan ada, murah & mudah didapat, ya itu yang saya masak. Kalau poin 3&4, insyaAllah selalu.

    BalasHapus
  10. Makasih sudah diingatkan, Mbak. Sedang berusaha mewujudkan resolusi sehat, nih. Terutama merutinkan makan sayur dan buah dlm jumlah yang cukup :)

    BalasHapus
  11. terima kasih informasinya mbak ... benar-benar bermanfaat semoga saya juga bisa menerapkan pola hidup sehat.

    BalasHapus
  12. Masih belajar untuk menerapkan pola hidup sehat. Masih kurang suka maka sayur ....

    BalasHapus
  13. Kelihatannya biasa2 saja tapi aslinya penting banget ya mb yang berkaitan dgn pola hidup sehat seperti makanan. Jangan asal suka trus makan saja. Tp juga memperhatikan tips2 yang berguna ttg pola mkn yg sehat. Thx mb untuk info bermnfaatnya.

    BalasHapus
  14. Terima kasih tips makan sehatnya, Mbak. Ya, memang lebih mencegah daripada mengobati? Jd tugas ibu nih menghidangkan makanaan sehat 4* di meja makan keluarga

    BalasHapus
  15. Jadi kesentil. Apa yang saya makan selama ini udah sehat ya? Masih sering sembarangan makan. Godaan banget, Mbak...hiks

    BalasHapus
  16. aku masih belajar mengolah makanan yang baik mbak, makasih sharingnya..setuju dengan pernyataan "mencegah lebih baik daripada mengobati"..hiks..jadi keingat suka makan yang penting kenyang aja

    BalasHapus
  17. Aku masih harus banyak action untuk bener-bener makan real food nih. T

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??