Ingin Memiliki Bayi Sehat? Yuk, Ketahui 9 Tips Mempersiapkan Makanan Sehatnya




          Memiliki buah hati yang sehat merupakan nikmat yang sangat membahagiakan bagi setiap orang tua manapun di dunia. Sebaliknya jika ananda mengalami sakit atau tidak seperti anak seusianya, tentu akan membuat hati orang tua sedih tak terkira. Untuk memiliki buah hati yang sehat, ada upaya yang harus dilakukan mulai dari sebelum hamil, pada masa hamil, hingga masa setelah dilahirkan. 
Begitu pula jika kita menginginkan bayi yang kita miliki, tetap terjaga kesehatannya, maka aspek asupan makanan menjadi hal sangat penting untuk diperhatikan. Berikut 9 tips penting untuk  mempersiapkan makanan sehat bayi yang wajib ketahui para ibu, simak bersama yuuk.

1)         Mengetahui Umur dengan Tepat
Jenis pemberian makanan pada bayi berbeda-beda sesuai tahapan usia.  Untuk Bayi yang berusia di bawah 6 bulan, hanya mendapat Air Susu Ibu (ASI) saja atau yang dikenal dengan ASI Eksklusif.  Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dilakukan setelah bayi berusia 6 bulan dengan

2)         Tetap Memberikan ASI Hingga Berusia 2 Tahun
Gambar Manfaat ASI Eksklusif
Sumber Foto: kesmas-id.com
      Walaupun bayi sudah mendapat makanan pendamping sejak berusia 6 bulan, tetapi pemberian ASI tetap dilanjutkan hingga berusia dua tahun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari pemberian ASI. Perlu dilakukan pengaturan waktu antara pemberian ASI dan MP-ASI.

3)         Mengetahui Kondisi Kesehatan Bayi
Dengan mengetahui kondisi kesehatan bayi, Kita dapat memberikan makanan yang tepat. Apakah kondisi kesehatan bayi normal, atau kurang gizi atau pun sakit. Ini bisa dilihat dari buku kesehatannya atau pada Kartu Menuju Sehat (KMS) bayi.

4)         Memberikan Makanan Sesuai dengan Tahap Usianya
Gambar Tahapan Pemberian MP-ASI
Sumber Foto: kompas.com
     Seperti dijelaskan di atas, beda usia pada bayi, beda pula jenis makanan baik dari tekstur, konsitensi (misalnya makanan lumat atau lembek) maupun jumlah porsinya. Apabila bunda masih belum paham tentang ini, bisa konsultasi kepada kader atau petugas kesehatan terdekat.

5)         Utamakan Memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dari Pangan Lokal
Gambar MP-ASI berbahan pangan lokal
Sumber Foto: majalah1000guru.net
      Pangan lokal mudah didapat, lebih murah dan terjamin kualitas bahannya (tanpa pengawet atau zat kimia berbahaya).

6)         Tidak Dianjurkan Menambahkan Garam, Gula dan Penyedap Rasa. 
Rasa makanan sebaiknya berasal dari makanan itu sendiri. Pemberian penyedap sejak dini sebaiknya tidak dilakukan. Selain zat-zat tambahan yang dikandung belum tentu diterima oleh organ tubuhnya, karena fungsi organ tubuh anak yang belum seperti organ tubuh orang dewasa; pemberian penyedap juga mengakibatkan anak terbiasa dengan pola rasa tertentu sehingga sulit untuk menerima makanan selain rasa tersebut. Misalnya, anak yang terbiasa dengan rasa asin sejak kecil, akan menolak makanan yang tidak asin.

7)         Pemberian Telur Secara Bertahap
Telur merupakan golongan makanan yang mengandung Protein hewani yang baik untuk pertumbuhan seorang anak. Namun perlu diperhatikan, cara pemberian pada bayi harus dilakukan bertahap dengan memberikan bagian kuningnya saja terlebih dahulu. Apabila ada gejala alergi, ditunda pemberian hingga bayi berusia 1 tahun.

8)         Aneka Buah sangat Baik Diberikan.
Gambar Buah
Sumber Foto: gambar-tehnik.blogspot.com
     Prinsip pola makan sehat dengan konsep menu seimbang dan empat bintang, sudah mulai diterapkan sejak bayi. Termasuk pemberian buah dan sayur sebagai sumber vitamin, mineral dan serat.

9)         Memperhatikan Kebersihan dan Proses Penyiapan MP-ASI dengan Baik.
Faktor ini menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan, untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang diakibatkan karena lingkungan atau alat dan wadah yang tidak bersih. Cuci bersih semua bahan MP-ASI dengan air mengalir dan pastikan semua alat dan wadah yang akan digunakan dalam keadaan kering dan bersih.





#ODOP
#Day10
#EstrilookCommunity
#kisahmamaminsanis
#Tipsmakanansehatbayi
#Tipsagarbayisehat




Komentar

  1. Info yg amat berguna buat ibu 6 bulan macam saya ini mbak karena sya Juga lagi excited bangettt bikinin mpasi buat Julio. Makasih infonya ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Info yg bagus tuk ibu muda yg baru memiliki anak pertama. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Terima kasih mb informasinya. Jadi buat pengingat lagi nih buat saya pribadi ☺

    BalasHapus
  4. Good info..alhamdulillah ke3 anak mendapt asi ekslusif. MPASI tapi gak maksimal yang k 1 & 2

    BalasHapus
  5. Nah panganan buah lokal ya, oke noted mba ^^

    BalasHapus
  6. ASI dan MPASI itu emang kunci utama utk bayi sehat.
    saya Alhamdulillah selalu keras kepala soal ASI ini, klo MPASI sih waktu Kakak dulu pengennya homemade aja, eehh tapi waktu Adek karena emaknya kerja jadilah mix homemade dan lebih sering instan malah, huhuhuh.

    BalasHapus
  7. Terima kasih ilmunya mbak, bermanfaat sekali untuk ibu yang masih memiliki bayi seperti saya. Ya, memang salah satu tugas ibu yang utama menjaga kesehatan mereka. At least, dengan menjalankan 9 tips di atas.

    BalasHapus
  8. Anakku sudah SMA.. Tapi masih teringat dulu saya resign demi full memberi ASI dan kembali bekerja lagi 😊

    BalasHapus
  9. Utk nanti kalau sudah berkeluarga, makasih sharenya mba

    BalasHapus
  10. alhamdulillah yg kedua kmrn sukses ASI nya..cuma skrng susah makan sayur euy mbak :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??