Pola Makan dan Kesehatan, Bagaimanakah Hubungannya?





                  Dears, 

Kamu pasti menginginkan kesempatan untuk mencapai umur harapan hidup tertinggi bukan?  Serta ingin tetap menikmati kehidupan yang aktif, berkualitas tanpa membebani keluarga dan masyarakat di dalam kehidupannya. Tentu menyenangkan ya…bila dapat mencapai ini semua. Menikmati hidup hingga masa tua bersama keluarga dan anak cucu tanpa gangguan sakit. 

Untuk mencapai semua ini kata kuncinya adalah Sehat, karena merupakan modal utama dalam kehidupan. Kesehatan merupakan dambaan setiap manusia, namun sangat disayangkan dewasa ini banyak timbul gangguan kesehatan (penyakit) yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dimana salah satu faktor utamanya karena pola makan yang salah. 
Tahukah Kamu, apa itu pola makan dan bagaimana hubungan pola makan dengan kesehatan? Yuk…kita simak Bersama

·               Apa itu Pola Makan
Pola makan adalah kebiasaan makan sehari-hari. Pola makan sehat merupakan cara mengatur jumlah dan jenis makanan dengan maksud untuk mempertahankan kesehatan, mencapai status nutrisi baik, mencegah dan atau membantu kesembuhan penyakit. Jika ada pola makan sehat, tentu kebalikannya juga ada dong yaitu pola makan tidak sehat. Definisinya jelas bertentangan dengan pola makan sehat juga ya Dears. 
Sumber: wajibbaca.com



·            Hubungan Pola Makan dan Kesehatan
Kita sering mendengar ungkapan “U are what u eat”, bahwa apa yang Kamu makan akan mencerminkan status kesehatanmu. Hal ini sangat benar karena pola makan terkait erat dengan asupan gizi/ nutrisi seseorang. Apabila pola makan seseorang didominasi makanan yang manis-manis, maka besar kemungkinan kadar gulanya akan lebih dari kadar gula normal sebagaimana mestinya. Begitu pula jika pola makannya banyak mengandung lemak jenuh seperti santan, makanan yang digoreng dan jeroan hewan, maka besar kemungkinan ia akan mengalami berat badan berlebih dan peningkatan kadar lemak jenuh dalam tubuh. Serta masih banyak contoh lainnya.
Gangguan ini muncul karena pola makan yang salah. Terlalu berlebihan dan juga kekurangan dalam mengonsumsi makanan sangat tidak dianjurkan, karena lambat laun pasti akan berdampak pada status kesehatanmu. Cara yang benar adalah menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan kita sehari-hari.
Sumber: wacana.siap.web.id

·            Pola Makan Sehat
Pola makan yang sehat adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu, seperti mempertahankan kesehatan, mencapai status nutrisi (gizi) baik, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit. 
Gambar Piramida Makanan
Sumber: tetapfit.com
Kebiasaan makan sehari-hari ini diharapkan mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan gizi seseorang. Jika dulu kita pernah mengenal pola makan dengan istilah 4 (empat) sehat 5(lima) sempurna, kemudian pola itu bergeser menjadi Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang terkenal dengan 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. Selanjutnya, sejalan dengan hasil penelitian yang terus menerus dilakukan, ditemukan pola yang lebih tepat dan sesuai yaitu dikenal dengan istilah 4(empat) bintang.

 Bagaimana Dears, sudah dapat melihat hubungan antara pola makan dan kesehatan? Ternyata mempunyai keterkaitan yang erat ya… So, jangan tunda lagi. Mulai sekarang mari perhatikan pola makanmu, apakah sudah memenuhi pola makan sehat. 

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang pola makan sehat dan panduan menyediakan makanan sehat sehari-hari bagi seluruh golongan umur, saya infokan telah dibuka Pre Order buku solo pertama saya dengan judul "Panduan Menyediakan Makanan Sehat Bagi Seluruh Anggota Keluarga". Silakan japri ke 082149618515 ya. Salam sehat…


#ODOP
#Day8
#EstrilookCommunity
#kisahmamaminsanis
#Polamakandankesehatan

#bukuPanduanMenyediakanMakananSehat




Komentar

  1. Duuuh masih PR banget buat saya nih, mengatur pola makan yang pas biar BB nya gak kebablasan huhuhu. Kadang udah pengen ngurangin karbo, eh godaannya banyak.

    BalasHapus
  2. Wah, udah ada juga bukunya. Keren, Mbak. Memang benar u're, what u eat. Pengen sehat, ya, harus jaga pola makan.

    BalasHapus
  3. Setuju banget, mba.. pola makan sangat berhubungan erat dengan kesehatan. Dengan pola makan yang benar dan sesuai kebutuhan tubuh, insyaallah kesehatan pasti terjaga :)

    BalasHapus
  4. ini kenapa banyak yang baru nulis tentang pola makan sehat deh, kan akuuu jadi tersipu, kwkwkw. secara aku juga baru membenahi pola makan nih mbaaa

    doakan body goal nadya hutagalung
    tercapai 2019 ini ya mb
    *guling-guling pinggir kasur*

    BalasHapus
  5. Nah, ini PR banget buat saya. Selama ini masih yang penting selalu menyediakan sayuran setiap hari di rumah. Masalahnya adalah paksu termasuk agak pemilih dalam hal sayuran. huhuhuuu apalagi anak-anak

    BalasHapus
  6. Hihiiii pola makan saya sungguh masih tak keruan. Karbonya masih kebanyakan. PR banget nih untuk mulai menguranginya.

    BalasHapus
  7. Saya juga masih jugkir balik nih ngurusin pola makan hehehe. Masih suka seenaknya aja, meski lebih banyak nyantap sayur sih. PR banget ya hahaha

    BalasHapus
  8. Masya Allah, tahniah atas bukunya, Mba. Bukunya keren banget.

    BalasHapus
  9. Terima kasih semua komen dan apresiasinya Mbak2 sayang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??