Musim Buah Telah Tiba! Berikut Tips Agar Dapat Menikmati Aneka Buah dan Tetap Sehat





Musim buah telah tiba… di sepanjang jalan dapat kita temui para penjual buah musiman menjajakan aneka dagangannya, ada si merah rambutan, si kuning kecil langsat, si duri tajam durian dan nggak ketinggalan, si bulat manis buah manggis. Siapa coba yang tidak tergoda dengan aneka buah-buahan ini, selain dirinya tidak ada setiap saat, rasanya itu lho …yang ngangenin. Inginnya semua buah itu dimakan sebanyak-banyaknya untuk mengobati rasa rindu ini hihihi… Tapi…ada kekhawatiran…ntar setelah makan tubuh terserang sakit lagi. Kena batuklah, diare, dan lain-lain. Belum lagi bagi pengidap penyakit seperti darah tinggi, kolesterol dan diabetes…hanya bisa menelan air liur atau mencicip sedikiiit saja karena takut memakannya bisa berakibat fatal.
Sumber foto: gambarpedia.org
Buat Kamu yang ingin menikmati buah dan tetap sehat di musim buah yang berlimpah ini, berikut ada beberapa tips yang baik untuk diikuti. 

1.    Jaga Kebersihan Buah
Dears, jangan karena nggak sabar ingin menikmati buah, kamu lantas langsung makan buah yang telah dibeli tanpa memikirkan kebersihannya. Contohnya membuka buah rambutan dengan menggunakan mulut.. iih, kebayang kan joroknya! Itu rambutan sudah kena debu, kena tangan penjual dan pembeli yang memilih-milih dan berbagai jenis kuman lainnya yang kalo dilihat dengan kaca pembesar bikin bulu kudukmu merinding. Ingat ya…wajib perhatikan dan jaga kebersihan buah sebelum dimakan agar tetap sehat.
Sumber foto: khasiat.co.id

2.    Jaga Kebersihan Diri
Selanjutnya buah sudah bersih, tapi..kamu memakannya dengan tangan kotor. Ooh No… lalu kena diare… trus siapa yang disalahkan? Buahnya atau Kamunya? Ini hanya sebagai contoh ya Dears. Berdasarkan pengamatan saya…banyak lho orang yang menikmati durian di pinggir jalan. Selain punya kenikmatan tersendiri, makan durian di tempat penjual itu menguntungkan lho..karena jika durian yang dipilihkan tidak bagus, maka bisa dicarikan penggantinya tanpa perlu membayar kembali. Tapi…nah ada tapinya ini hehehe. Banyak yang langsung menikmati buah lunak yang super legit ini tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Supaya tetap sehat, yuk hindari perilaku tidak sehat di atas ya…
Sumber foto: ad4msan.com


3.    Perhatikan Cara Memakan Buah dengan Benar
Buah memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kamu perlu tahu cara  memakan buah dengan benar, misalnya makanlah buah di saat perut kosong agar tidak menimbulkan kembung atau gas, selingi dengan waktu 30 menit baru makan makanan lain, serta makan buah baiknya di pagi hari.

4.    Ketahui Kondisi Kesehatanmu
Sebelum mengonsumsi berbagai jenis buah, penting sekali mengetahui kondisi kesehatanmu sendiri, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Ini semua bisa diketahui jika kamu rutin memeriksakan kesehatan. Apakah tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam uratmu normal? Mengapa penting karena ada jenis buah-buahan yang jumlahnya dibatasi untuk penderita gangguan penyakit tertentu ya Dears.

Sumber foto: inkesehatan.blogspot.co.id

5.    Kenali Sifat Masing-masing Buah
Setiap buah mempunyai sifat masing-masing yang akan memberikan keuntungan dan kerugian bagi pemakannya. Supaya tetap sehat…sebaiknya kenali dahulu sifatnya sebelum mengonsumsi. Seperti durian yang mengandung banyak serat, baik bagi penderita sembelit, tapi tidak dianjurkan bagi yang mempunyai masalah pencernaan (misalnya diare) karena akan menambah berat kondisi. Begitu pula bagi ibu hamil dan penderita diabetes, buah berduri tajam ini sebaiknya dihindari ya, karena ia mengandung banyak gula dan karbohidrat. Selain durian, buah langsat juga mempunyai efek samping dari getah yang dikandungnya, sehingga sebaiknya dihindari bagi penderita maag. 
Sumber foto: airwara.blospot.co.id
Demikian ya Dears, beberapa tips supaya tetap sehat di musim buah. Ikuti tipsnya agar kamu dapat menikmati buah musiman tanpa perlu waswas lagi. Selamat menikmati dan salam sehat.

#ODOP
#Day13
#EstrilookCommunity
#MenikmatiBuahdanTetapSehat




Komentar

  1. Makasih tipsnya, Mbak. Sekarang lagi musim durian sama duku, serta rambutan juga nih di sini. Masya Allah di jalan banyak banget yang jualan..hihi. Dan nggak lupa juga ikutan beli karena anak-anak juga doyan semua....

    BalasHapus
  2. Masyaallah makasih tips nya mba, soalnya saya termasuk yang sering asal makan kalo udah ketemu buah2n musiman ini, gak cuci tangan dulu langsung aja comot, hahaha oopss

    BalasHapus
  3. Tipsnya sangat membantu mbak. Kemarin abis beli duku langsung makan, ga pake cuci🙈

    BalasHapus
  4. Saya paling nggak tahan kalau lihat buah, pingin dikunyah aja langsung... kayaknya mesti hati2 nih kalau makan durian...

    BalasHapus
  5. Paling suka kalau musim buah tiba. Buah-buahan bisa diperoleh dengan mudah dan lebih murah. Sayangnya, banyak justru kalap sehingga kurang memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas. Akhirnya, buah yang disalahkan padahal salahnya sendiri. Hehehe.

    BalasHapus
  6. Lagi musim buah emang, anak saya suka nunjuk-nunjuk rumah orang. Lihat rambutan dia mau, lihat mangga dia mau, ada sirsak juga pengen.


    Semua ditunjuk. Ma, mau ... Heheh

    BalasHapus
  7. durian, duh saya galfok sama gambarnya hehe. jadi pengen es krim durian lah, wkwk. nah ini bener banget kadang saya pikir semua buah itu sama ternyata beda yak wkwk. baca ini jadi sedih ngeliat ada 3 buah di buang ke sampah karena busuk. hiks, maksih bun remindernya.

    BalasHapus
  8. Emang bener sekarang musim buah, baru selesai ngerujak bareng kakak :D

    Terimakasih banyak informasinya mbak

    BalasHapus
  9. rambutannya ini bikin salfok, seger amat yak. jadi pingin deh.

    BalasHapus
  10. aku pecinta buahhhh
    sampai pas mau ikutan diet
    yang gak boleh banyak makan buah
    hanya boleh diet tertentu
    aku gak mauuu

    tiap hari wajib
    ada makan buah
    berasa segerrrrrr dan gak begah perutnya

    BalasHapus
  11. Bener banget tips2nya ini. Saya juga biasa makan buah pagi saat perut masih kosong. Hampir semua buah saya suka kecuali durian :)
    Sekarang lagi musim Rambutan, nih. Ngupasnya pake pisau, dong. Pake mulut? Paiiit, hehe. Lagian kotor juga emang...

    BalasHapus
  12. Gambarny pd bikin galfok mb
    Buah pun g bisa asal konsumsi y mbaa mesti hati2 utamany macam durian hehe

    BalasHapus
  13. Lihat gambar durian jadi ngecezz dah. Btw thks tip-tipsnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??