Taman Alun Kapuas, Icon Wisata Kota Pontianak yang Sayang untuk Dilewatkan



Apakah Kamu pernah mengunjungi Kota Pontianak? Ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini, merupakan salah satu kota yang dilewati garis Khatulistiwa (nol derajat), sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September selalu ada event besar yaitu Festival hari tanpa bayangan (titik kulminasi), yang diisi berbagai acara yang meriah. Selain itu, Kota Pontianak memiliki beberapa icon wisata keren. Salah satunya adalah Taman Alun Kapuas yang sayang untuk dilewatkan karena mempunyai daya tarik tersendiri. Beberapa diantaranya adalah:

1.      Lokasinya Terletak di Jantung Kota dan Berada di Tepian Sungai Kapuas
Taman Alun Kapuas berada tepat di jantung Kota Pontianak. Berdekatan dengan Pusat Pemerintahan dan posisinya persis di seberang Kantor Walikota. Selain lokasinya strategis dan mudah dijangkau, ia juga berada di tepian sungai Kapuas, yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Berada di tempat ini, kita seperti menyusuri waterfront objek wisata yang ada di luar Indonesia. Dengan disuguhkan pemandangan mengagumkan, melihat hamparan panjang sungai Kapuas dengan kesibukan alur lalu lintas air yang berada di atasnya.


2.      Terdapat Miniatur Tugu Khatulistiwa
Salah satu daya Tarik Kota Pontianak sebagai bumi Khatulistiwa adalah adanya tugu Equator atau tugu Khatulistiwa yang terletak di Jl. Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara. Namun, di Taman Alun Kapuas juga terdapat tugu ini dalam versi mini, sehingga kita dapat mengabadikan dan berfoto dengan latar belakang tugu Khatulistiwa di sini.  

3.      Bisa Naik Kapal Wisata
      Daya Tarik lain taman ini adalah tersedianya kapal wisata yang bisa membawa kita mengelilingi sungai Kapuas. Sungguh asyik sekali, kita bisa melihat berbagai macam bangunan dan aktivitas masyarakat di sepanjang Sungai Kapuas. Biayanya pun relatif murah, karena hanya perlu membayar sepuluh ribu rupiah per orang. 

4.      Terdapat Spot Foto Menarik
Sebagai pengunjung pasti kita tak akan lupa mengabadikan momen kunjungan. Kamu tidak perlu khawatir, karena disini banyak terdapat spot foto menarik. Selain miniatur tugu Khatulistiwa, juga terdapat taman, air mancur, jogging track cantik, pemandangan sungai Kapuas yang indah dan beberapa badut karakter turut hadir untuk diajak foto Bersama.


 5.       Tersedia Rumah Baca

Kawasan ini, juga menjadi wisata edukasi, karena selain tersedia objek yang disebutkan di atas, juga terdapat rumah baca dengan bentuk bangunan gedung yang unik dan nyaman suasana di dalamnya. Buka sejak jam 08 pagi hingga pukul 21.00 di hari libur. 

Demikian, beberapa daya tarik dari icon wisata Taman Alun Kapuas Pontianak. Bagus dan sayang untuk dilewatkan bukan? Mari jadikan agenda yang akan dikunjungi di bumi Khatulistiwa nanti. 
#Day4
#kisahmamaminsanis
#Taman Alun Kapuas
#IconWisataPontianakyangsayanguntukdilewatkan






















Komentar

  1. saya belum pernah ke Pontianak, liat postingan ini iri, pengen juga di culik kesana bun, wkwk. Bagus ya ternyata Alun Taman Kapuas, bikin betah nongkrong, seru sambil bawa laptop, nulis deh disana, wiiih, pengen hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi… karena dekat dengan laut dan sungai. Ntar saya request Aqua man buat jemput ya mbak Steffi wkwkkw. Bener bagus mbak, tapi saya belum pernah ke sini bawa2 laptop. Ide bagus nih, pengen nyoba deh .. Trims sudah hadir ya mbak say.

      Hapus
  2. Keren nih tempatnya. Satu lokasi bisa melakukan banyak kegiatan, dari naik kapal sampai baca buku. Spot foto selalu menarik, banyakin aja buat stok IG dan blog, hihi..

    BalasHapus
  3. Balikpapan dan pontianak cuma sepulau, tapi malah susah saya ke sana nya hehehe.
    Padahal mupeng banget bisa keliling kota-kota di kalimantan termasuk Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Mbak. Akses trans Kalimantan tidak seperti trans Jawa ya mbak. hehehe. Skr sudah ada jalannya, semoga ke depan, lebih dan lancar … biar bias keliling kalimantan

      Hapus
  4. Belum pernah ke Pontianak, sih. Tapi, beneran suka membaca artikel seperti ini. Kita jadinya tahu tempat-tempat menarik di kota lain, meski belum pernah ke sana. Mana tahu, suatu hari nanti ada rezeki bisa mendatangi tempat-tempat tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. tks apresiasinya Mbak Hae. Aamiin, semoga selalu diberi limpahan nikmat sehat dan keluasan rezeki. Kabari ya Mbak, jika ke Pontianak :)

      Hapus
  5. Saya belum pernah ke Kalimantan nih. Semoga suatu saat bisa ke sini. Taman bacanya besar juga ya itu.

    BalasHapus
  6. Beneran ya yang Festival hari tanpa bayangan bener2 gak ada bayangan? Maaf saya kurang tahu, IPS saya jelek *halah

    Saya juga suka naik kapal. Rasanya kalau ke sana naik kapal wisata akan menyenangkan sekali yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mbak.. bisa praktek langsung deh disini pada tanggal tersebut. Penasaran kan... yuuk ke Pontianak

      Hapus
  7. Wah mupeng ke Pontianak saya. Penasaran sama Festival Hari Tanpa Bayangan yang ada di sana. Juga dengan tempat-tempat indah lainnya. Semoga bisa ke sana nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga diberi kesempatan, nikmat sehat dan keluasan rezeki ya Mbak Dian

      Hapus
  8. Aku belum pernah ke Pontianak, nih. Boleh juga ditandai sebagai salah satu destinasi yang ingin dikunjungi suatu hari kelak. Tapi Kapuas menarik juga nih, apalagi ada miniatur Tugu Khatulistiwa, cocok untuk menambah pengetahuan anak tentang iklim di negara kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat bias mampir ke sini ya Mbak beserta keluarga

      Hapus
  9. Serunya jalan-jalan bareng keluarga. Apalagi kalau tempatnya instagramable begitu ^_ ^
    Btw mbak, kalau boleh saran ini saya baca blognya via laptop. Fotonya kelihatan kecil sekali kurang imbang dengan templatenya. Coba atur ukuran fotonya jadi X-large. Semoga berkenan atas sarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak.. sarannya sudah langsung diterapkan. Terima kasih

      Hapus
  10. Belum pernah ke pontianak. Suami orang kalimantan, tapi banjarmasin, jadi kalau mudik ya paling ke sana aja, muter-muter martapura, banjarbaru n banjarmasin. ehehehe

    Tapi sekarang suka takjub, Kalimantan tambah maju ya, pembangunannya pesat. Sungai-sungainya mulai dirawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess.. benar Mbak Ajeng. Semoga suatu saat bisa nyampe Pontianak Mbak

      Hapus
  11. sepertinya sekarang wisata model taman-taman gini marak di beberapa daerah di indonesia ya mb. harapannya makin banyak jugaaaa sih, biar ada ruang terbuka yang segarrrr, gak melulu gedung dan gedung

    BalasHapus
  12. wah bisa jadi referensi dalam berlibur nanti kalo bermain ke daerah Pontianak nih mom. Terima kasih buat tulisan dan ulasannya ya :)

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah ke Pontianak. Dari dulu penasaran dengan tugu khatulistiwanya itu..

    BalasHapus
  14. Wah... Saya belum pernah ke pontianak. Bisa masuk ke dalam list destinasi berikutnya nih. Terima kasih sharingnya ya mbak! :)

    BalasHapus
  15. Belum sempat main ke Pontianak padahal dulu pengen jalan-jalan kesana mbak waktu masih kerja di Kaltim. Sekarang tinggal di Riau dan di daerah saya juga ada tugu khatulistiwa tapi tidak seiconic di Pontianak....

    BalasHapus
  16. Nyesel bangett lama di Balikpapan tapi gak pernah kw Kalimantan bagian lainn

    BalasHapus
  17. Padahal banyak tempat wisata keren selain di Balikpapan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??