Kegiatan DWP Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat dalam rangka Penguatan Pengelolaan Raudhatul Athfal


Penyampaian Materi oleh Ibu Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalbar, Hj. Yeni Ridwansayah didampingi Ketua Bidang Pendidikan DWP Kanwil
Assalamualaikum w.w.

Sahabat Minsanis, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang kegiatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

DWP adalah Organisasi yang beranggotakan istri Pegawai negeri sipil. Begitu pula dengan kami, yang merupakan istri dari pegawai Kementerian Agama, tergabung dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Ohya, kegiatan ini diselenggarakan di Kabupaten Sambas dengan melibatkan pengurus DWP Kanwil Kemenag Kalbar dan seluruh ketua DWP Kemenag Kabupaten Kota Se-Kalimantan Barat.
Foto Bersama setelah Pembukaan, di posisi depan adalah ibu-ibu pengurus DWP Kanwil Kemenag dan di bagian belakang adalah ketua DWP Kemenag Kabupaten/Kota se-Kalbar
Raudhatul Athfal (RA) adalah lembaga pendidikan anak prasekolah yang berciri khas agama Islam pada jalur pendidikan sekolah (formal)  di lingkungan Dtjen Binbaga Islam Departemen Agama yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia sekurang-kurangnya empat tahun sampai memasuki lembaga pendidikan dasar. Ketentuan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 367 Tahun 1993 tentang Raudhatul Athfal. Sedangkan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama merupakan Pembina dari RA yang ada sesuai dengan wilayah masing-masing.

Sebagai lembaga pendidikan formal, RA dituntut untuk memiliki pengelolaan yang baik dan sesuai standar, agar dapat menghasilkan lulusan dengan kualitas baik seperti yang diharapkan. Untuk itu perlu dilakukan penguatan dalam pengelolaannya dan penyatuan visi oleh para Pembina dan pihak terkait.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 16-18 Januari 2019 ini, bertempat di Hotel Pantura Sambas. Selain materi yang dipaparkan oleh para narasumber, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi terkait kemajuan RA di wilayah masing-masing Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat serta kunjungan ke salah satu RA yang ada di Kabupaten Sambas yaitu RA Babul Jannah. 
Foto kunjungan ke RA Babul Jannah, Sambas

Raudhatul Athfal ini berlokasi di kompleks Masjid Agung Babul Jannah, Jalan Gusti Hamzah, Sambas. Menurut info yang kami terima, jumlah peserta didik disana sejumlah 46 anak dengan 4 kelompok bermain yang dibimbing dengan 8 tenaga pengajar.

Berfoto Bersama Para guru RA Babul Jannah (posisi duduk)
Pada kunjungan ini kami bisa melihat anak-anak didik yang ceria, cerdas dan penuh semangat menyambut ibu-ibu DWP dengan menampilkan berbagai kemampuan yang telah mereka miliki seperti bernyanyi dengan gaya yang kompak dan ceria, hafalan doa dan surah pendek. Harapan kami semoga anak-anak ini kelak menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, insan yang cerdas dan bertakwa. Aamiin.

Demikian sepenggal cerita tentang kegiatan DWP Kanwil Kementerian Agama di bumi Serambi Mekah Kalbar yaitu Kabupaten Sambas. Semoga kegiatan ini membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan Raudhatul Athfal di semua Kabupaten / Kota se- Kalimantan Barat.
Wassalamualaikum w.w.

#Setip
#Day9
#DharmaWanita PersatuanKanwilKementerianAgamaKalimantanBarat
#KegiatanPenguatanPengelolaanRaudhatulAthfal
#DWPMembinaRaudhatulAhfal
#kisahmamaminsanis






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??