Sudahkah Anda Membiasakan Ananda Untuk Melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah??




Sahabat Minsanis,

Menjaga pola hidup sehat untuk seluruh anggota keluarga perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya faktor lingkungan. Selain lingkungan di rumah, bagi para ayah bunda yang mempunyai anak usia sekolah, penting pula untuk memperhatikan  lingkungan di sekolah. Beberapa kasus penyakit yang ditemukan pada anak usia sekolah, seperti cacingan, diare, anemia, demam berdarah (DBD), keracunan makanan dan lain-lain tak lepas dari faktor kebersihan dan perilaku hidup sehat di sekolah. Untuk itu, agar ananda tetap sehat dan bisa mengikuti aktivitas pembelajaran dengan lancar, sebaiknya dibiasakan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. Yuk, kepoin info di bawah ini demi kesehatan buah hati tercinta.

Menurut info dari bagian Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan, PHBS di sekolah merupakan langkah untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar bisa dan mau melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dalam menciptakan sekolah yang sehat. Ada 8 Indikator PHBS di sekolah, yaitu:

1)            Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
Beberapa penyakit yang dialami siswa sering bermula karena meninggalkan perilaku ini. Tangan menjadi salah satu perantara berbagai bakteri atau kuman masuk ke dalam tubuh seseorang. Apalagi ditambah kebiasaan bermain siswa di sekolah yang sering menggunakan tangan. Untuk itu, mencuci tangan merupakan cara yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit. Selain itu perlu pula diajarkan kepada ananda cara atau langkah-langkah mencuci tangan yang benar, seperti di bawah air mengalir, menggunakan sabun, menggosok seluruh bagian tangan  hingga pergelangan dan mengeringkannya sebelum memegang makanan.
Sumber foto: ad4msan.com

2)            Mengonsumsi Jajanan Sehat
Di lingkungan sekolah, berbagai jajanan tersedia, baik yang dijual di kantin atau pedagang keliling. Ayah bunda dan guru sebaiknya mengingatkan ananda untuk selalu memilih jajanan sehat, seperti: makanan yang dijual dalam keadaan tertutup atau berbungkus, bersih, minim pengawet makanan, tidak berwarna mencolok, penjual dan tempatnya berjualan juga harus dalam keadaan bersih serta memilih membeli di kantin resmi sekolah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Sumber foto: syaratkantinsekolah.com

3)            Menggunakan Jamban Bersih dan Sehat
Umumnya di sekolah tersedia jamban sehat, orangtua dan guru tinggal mengingatkan agar ananda menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Melakukan aktivitas BAK dan BAB di jamban dan membersihkan kembali setelah menggunakannya.

4)            Olahraga yang Teratur
Aktivitas fisik merupakan salah satu faktor penting agar seseorang tetap sehat. Selain masuk dalam mata pelajaran wajib di sekolah, sebaiknya warga sekolah rutin melaksanakan senam agar tetap sehat.

5)            Memberantas Jentik Nyamuk
Beberapa kasus penyakit yang disebabkan oleh nyamuk pernah dialami oleh warga sekolah, seperti DBD dan malaria. Ini tak lepas dari kebersihan lingkungan sekolah. Untuk mencegah terjadi kasus di atas sebaiknya pihak sekolah rutin melakuka pemberantasan jentik nyamuk di lingkungan sekolah, dengan beberapa cara, seperti menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air, rutin membersihkan jamban dan menguras bak air, mengubur barang-barang yang bisa menampung air serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

6)            Tidak Merokok di Lingkungan Sekolah
Perilaku merokok sangat merugikan, tidak hanya bagi perokok tapi juga bagi orang di sekitarnya. Sekolah yang sehat adalah sekolah yang bebas dari asap rokok, baik dari siswa, guru atau tamu yang datang ke sekolah. Budayakan sekolah yang bebas dari asap rokok.

7)            Membuang Sampah pada Tempatnya
Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, selain untuk menjaga kebersihan juga mengajarkan kepada ananda untuk berdisiplin. Ruangan dan lingkungan yang bebas sampah akan tampah indah, rapid an meminimalisir perkembangan penyakit.
Sumber foto: harian.analisadaily.com

8)            Melakukan Kerja Bakti Bersama Warga Lingkungan Sekolah Untuk Menciptakan Lingkungan yang Sehat
Untuk menciptakan sekolah sehat, perlu dilakukan kerja bakti membersihkan sekolah secara rutin. Ayah bunda dapat berpartisipasi dengan mendukung ananda untuk mengikuti dan berperan aktif dalam kerja bakti ini. 

Demikian indikator perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Apakah ananda telah dibiasakan melakukannya? Jika belum, ayuuk, mari segera kita mulai. Mulai saat ini, mulai dari diri ananda sendiri, agar dapat menularkan perilaku baik ini kepada teman-temannya dan seluruh warga sekolah. Sekolah bersih, siswanya sehat, belajar nyaman dan mendulang prestasi. 

#ODOP
#kisahmamaminsanis
#PHBSdiSekolah
#PHBS
#CintaSehat




Komentar

  1. aku dari tadi mikir, PHBS ini apa sih. ternyata pola hidup bersih dan sehat to.
    btw, makasi sharingnya mbak :)

    BalasHapus
  2. Setuju mbak, terimakasih sharenya, bisa saya terapkan disekolah ini

    BalasHapus
  3. Baca istilah "Jamban", jadi ingat masa kecilku, kalau BAB di jamban, ah jadi nostalgia. Anak-anak zaman now sepertinya sudah suka yang bersih-bersih, enggak kayak zaman saya dulu, dekil...*hahah, ngaku*. jadi anak zaman now mudah sekali diajarkan pola hidup bersih.. Yuk, budayakan pola ini.

    BalasHapus
  4. Kelihatan sepele, tapi sesungguhnya memang penting. Terima kasih sharing kerennya. (Siti Al-Muhajirin maaf pake akun penerbitan)

    BalasHapus
  5. melakukan kerja bakti itu penting banget, dulu waktu sekolah sering ini, tapi enggak tau deh SD sekarang masih enggak ya melakukan hal ini, semoga masih hihi. makasih bun sharingnya ~

    BalasHapus
  6. Baca ini kok jadi bikin kangen masa SD, ya? Hehe... Makasih Bund, keren!

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak sharingnya mbak, PHBS ini memang sangat penting ya mbak supaya anak jadi terbiasa ketika mereka dimanapun tidak hanya di lingkungan sekolah

    BalasHapus
  8. cuci tangan sebelum dan sesudah makan, kebiasaaan sederhana yang bisa menjaga anak tetep sehat ya mb

    BalasHapus
  9. PHBS bagus ya, jika anak dibiasakan melakukan PHBS kemudian dengan kesadarannya sendiri melakukan hal itu di mana saja, maka karakter anak akan tercipta dengan sendirinya hingga dia dewasa.

    BalasHapus
  10. Pola hidup sehat di sekolah ternyata penting juga ya, bukan hanya di rumah. Tapi sayangnya nggak semua sekolah memerhatikan hal ini, terutama berkatan dgn toiletnya.

    BalasHapus
  11. Thanks sharingnya Mbak , bermanfaat sekali buat yang baru punya bayi usia 6 bln. Minimal postingan ini bisa jd referensi saya buat Bunay yang udah masuk usia 6 bulan

    BalasHapus
  12. Pembiasaan PHBS di rumah penting banget sebagai langkah awal menyukseskan PHBS di sekolah, karena warga rumah lebih sedikit dibanding warga sekolah. Kalau tidak ada kesadaran pribadi pasti sulit mewujudkan PHBS di sekolah.

    BalasHapus
  13. Terima kasih sharingnya mbak, Alhamdulillah berkat bantuan guru di sekolah sekarang anak sudah tidak jajan sembarangan lagi karena Snack disediakan sekolah

    BalasHapus
  14. PHBS insya Allah sudah saya mulai di rumah, Mbak. Selalu berpesan sih ke anak agar juga menerapkannya di sekolah. Alhamdulillah, sejauh ini anak saya jarang sakit yg karena infeksi atau karena kurang jaga kebersihan.
    Terima kasih sharingnya :)

    BalasHapus
  15. Bener mb
    D sekolah anak2 lebih lama drpd d rumah
    Dan sekarang musim dbd
    Jadi jaga kebersihan d sekolah memang keharusan

    BalasHapus
  16. Setuju nih PHBS sangat penting. Dimulai dari lingkungan terkecil kita yakni keluarga. Klu sdh tertanam pasti mengalir dan konsisten. Yuk hidup sehat dengan 8 cara untuk hidup sehat. Thx mb uladannya keren...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??