9 Hal yang Saya Rindukan di Bulan Ramadan dan Alasan Mengapa Ramadan Pantas Untuk Dirindukan



Sahabat Minsanis,
Waktu terus berlalu, Ramadan kita telah memasuki 10 hari terakhir, yang berarti tak lama lagi Ramadan akan pergi meninggalkan kita. Tentu ada rasa sedih menghampiri, karena tak ada jaminan bahwa usia kita akan sampai pada Ramadan tahun berikutnya. Ramadan adalah bulan mulia dengan banyak keutamaan, sehingga pantas untuk dirindukan. Beberapa hal yang saya rindukan dari bulan Ramadan dan alasan mengapa Ramadan pantas untuk dirindukan akan dikupas di bawah ini. Kepoin ya Guys.
 
My Quote

Beberapa Hal yang Saya Rindukan di Bulan Ramadan

1.      Berpuasa 
Melakukan ibadah puasa secara serentak selama 1 bulan penuh, hanya dilaksanakan di bulan Ramadan. Tidak akan kita temui di waktu lain di luar bulan Ramadan. Selain itu, ibadah puasa di bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan dan limpahan pahala, serta mendapat balasan khusus dari Allah swt. Sungguh suatu hal yang selalu membuat rindu.


2.      Melaksanakan Salat Tarawih dan Ibadah Sunah Lainnya
Ibadah salat tarawih hanya dilakukan di malam-malam selama bulan Ramadan, tidak di bulan yang lain. Pahalanya pun berlipat ganda. Selain itu di bulan Ramadan, tubuh serasa ringan untuk melakukan semua amalan sunah yang lain, sangat berbeda jika dibanding pada bulan-bulan di luar Ramadan. 
Aktivitas salat tarawih
Sumber gambar: jtf.org


3.      Buka Puasa Bersama
Aktivitas buka bersama (bukber) sangat kental dilakukan pada bulan Ramadan. Biasa dilakukan bersama keluarga besar, teman kantor, organisasi dan komunitas lainnya. Selain menjalin silaturahmi, bukber juga meningkatkan rasa kebersamaan antar satu dengan lainnya. 
Suasana buka Bersama keluarga
Sumber gambar: koleksi pribadi


4.      Mengunjungi Pasar Juadah
Pasar Juadah yang menyediakan berbagai macam takjil atau penganan untuk berbuka, hanya dibuka selama bulan Ramadan. Di luar Ramadan pasti merindukannya, karena banyak penganan jadul yang hanya dijajakan pada bulan Ramadan.
Berkunjung ke pasar juadah
Sumber gambar: koleksi pribadi


5.      Makan Sahur
Aktivitas bangun untuk makan sahur selama Ramadan sangat dirindukan. Saat Ramadan tubuh terbiasa bangun sebelum subuh, selain untuk sahur, juga baik untuk melakukan salat malam yang mengandung banyak keutamaan.

6.      Menunggu Waktu Berbuka (Ngabuburit)
Saat berbuka menjadi salah satu saat yang membahagiakan orang yang berpuasa. Aktivitas menunggu waktu berbuka diisi dengan berbagai hal yang akan dirindukan setelah Ramadan berlalu.
Mengisi ngabuburit dengan jalan-jalan sore Bersama keluarga
Sumber gambar: koleksi pribadi

7.      Kajian Keislaman Menjelang Berbuka dan Sahur
Setiap hari di bulan Ramadan, banyak media elektronik terutama televisi dan radio memiliki kajian keislaman menjelang berbuka dan di waktu sahur. Kajian ini diisi oleh para Ulama dan Ahli Agama yang terkenal dengan keluasan ilmunya. Diantaranya ustad Abdul Samad, Ustad Bambang Wijayanto, dan lain-lain. Sungguh beruntung dipertemukan di bulan Ramadan, karena kajian ini tidak kita dapatkan di bulan lain di luar Ramadan.
 Al-Quran sebagai sumber ilmu
Sumber gambar: tangga.id


8.      Siaran Religi di Televisi (TV)
Selama bulan Ramadan, banyak siaran religi mengisi acara TV, hampir setiap stasiun TV memiliki acara religi unggulan di bulan Ramadan. Saya paling menyenangi acara 'Hafiz Quran dan Keliling Masjid'. Selain itu, para selebriti pun banyak mengubah cara berpakaian menjadi tertutup dan menutup aurat. Suatu pemandangan yang indah, alangkah baiknya jika semua bulan adalah bulan Ramadan.
Acara Hafiz Quran di RCTI
Sumber gambar: industry.co.id


9.      Suasana Menyambut Hari Raya Lebaran
Menjelang akhir Ramadan, nuansa lebaran semakin terasa dan kita semua bersiap menyambut lebaran tiba. Mulai dari persiapan rumah (bersih-bersih), hingga persiapan isi rumah (kue, dan lain-lain). Hal ini tentu membuat kerinduan tersendiri setelah Ramadan berlalu.
Salah satu kemeriahan menyambut idul fitri, berbagai ornament ketupat dan aksesoris lain menghiasi rumah dan tempat ibadah
Sumber gambar: papasemar.com



Alasan Mengapa Ramadan Pantas Dirindukan 
Setidaknya ada 15 alasan mengapa Ramadan dirindukan, seperti yang dilansir dari nurudin.jauhari.net, yaitu sebagai berikut :
1.      Gelar Takwa yang Diperoleh dari Ibadah di Bulan Ramadan
2.      Bulan Ampunan
3.      Pahalanya Dilipatgandakan
4.      Pintu Surga Dibuka dan Neraka Ditutup
5.      Ibadah Istimewa
6.      Dicintai Allah swt.
7.      Do’a Dikabulkan
8.      Turunnya Lailatul Qadar
9.      Meningkatkan Kesehatan
10.  Penuh Harapan
11.  Masuk Surga Melalui Pintu Khusus
12.  Minum Air Telaganya Rasulullah
13.  Berkumpul dengan Sanak Keluarga
14.  Qaulan Tsaqila
15.  Harta Tersucikan

Demikian 9 hal yang saya rindukan dari Ramadan. Masya Allah, betapa Ramadan memang pantas dirindukan ya Guys. Semoga kita semua diberikan umur yan panjang dan berkah, sehingga bisa dipertemukan dengan Ramdan berikutnya. Aamiin…aamiin yaa rabal ‘aalamiin.

Pontianak, 20 Ramadan 1440H

#12DaysBlogChallenge
#Day9
#YangDirindukanDariRamadan
#kisahmamaminsanis


Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??