Banyak Cara dan Keutamaan Silaturahmi di Hari Raya, Jangan Sampai Dilewatkan Ya Guys

Gambar Koleksi pribadi
Sahabat Minsanis,
Ramadan hampir berlalu, dan hari raya lebaran (idul fitri) telah menyambut di depan mata. Momen indah yang selalu ditunggu di hari raya nan fitri ini adalah silaturahmi. Silaturahmi berasal dari bahasa arab Shilah dan Ar-rahim yang berarti menyambung hubungan dengan para kerabat. Sesungguhnya banyak cara dan keutamaan silaturahmi di hari fitri, jangan sampai dilewatkan ya Guys.

Berbagai cara dapat digunakan untuk bersilaturahmi, diantaranya: dengan berziarah (saling kunjung mengunjungi), saling memberi hadiah atau dengan pemberian yang lain, berlemah lembut, berkasih sayang, wajah berseri, memuliakan dan hal baik lainnya. Di hari raya idul fitri, silaturahmi identik dengan berziarah sekaligus bermaaf-maafan kepada orangtua, saudara, kerabat, tetangga dan handai taulan lainnya. Anjuran silaturahmi sesuai dengan ajaran Islam dan ketentuan Allah swt, seperti yang terdapat dalam firman Allah swt dalam surah Muhammad ayat 22-23.

Berikut 4 keutamaan silaturahmi sesuai dengan dalil dalam Al-Quran dan hadis Rasulullah saw.:

1.      Memperpanjang Umur dan Melapangkan Rezeki
Salah satu keutamaan silaturahmi adalan menjadi penyebab umur panjang dan dilapangkan rezekinya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw.:
“Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. (Muttafaqun ‘alaihi).

2.      Wujud Keimanan Seorang Muslim
Sesuai dengan firman Allah swt. surah An-Nisa ayat 1 yang berarti:
“Hai seklaian manusiaa, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya, dan dariapda keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan namaNya  kamu saling meminta satu sama lai, dan peliharalah silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” 
(Q.S An-Nisa:1).

3.      Silaturahmi tergantung di Arsy (Singgasana Allah)
Silaturahmi menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungan dengan Allah swt. di dunia dan akhirat. Sebagaimanaabda Rasulullah saw. :
“Ar-rahim itu tergantung di Arsy. Ia berkata: “Barang siapa yang menyambungku, maka Allah akan menyambungnya. Dan barang siapa yang memutusku, maka Allah akan memutus hubungan dengannya.” (Muttafaqun ‘alaihi). 

4.      Masuk Surga
Disebutkan dalam Shahih al- Bukhari dan Shahih Muslim, dari Abu Ayyub al-Anshari:
“Bahwasanya ada seorang berkata kepada Nabi saw.: “Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku tentang sesuatu yang bisa memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkanku dari neraka,” maka Nabi saw. bersabda: “Sungguh dia telah diberi taufik, atau sungguh telah diberi hidayah, apa yang tadi engkau kataka dan?” Lalu orang itu pun mengulangi perkataannya. Setelah itu Nabi saw. bersabda: “Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, menegakkan salat, membayar zakat, dan Engkau menyambung silaturahmi”. Setelah orang itu pergi, Nabi saw. bersabda: “ Jika dia melaksanakan apa yang aku perintahkan tadi, pastilah dia masuk surga”.

Selain itu, ada hadis lain dari Jubair bin Mut’im bahwasanya Nabi Muhammad saw. telah bersabda:
“Tidaklah masuk surga orang yang suka memutus, (memutus silaturahmi)”.
 (Muttafaqun ‘alaihi). 

Masya Allah…begitu banyak cara dan keutamaan silaturahmi ya Guys. Mari kita manfaatkan momen indah di hari raya dengan melakukannya. Jangan sampai dilewatkan ya Guys. Semoga ibadah puasa kita selama sebulan penuh mendapat rida dari Allah swt. dan memperoleh kemenangan yang ditandai dengan silaturahmi kepada sesama.
Aamiin…aamiin yaa rabal ‘aalamiin.

Pontianak, 23 Ramadan 1440H

#12DaysBlogChallenge
#Day11
#Silaturahmi
#kisahmamaminsanis


Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??