Prinsip Ngabuburit yang Harus Dipahami dan 4 Alternatif Kegiatan yang Mengasyikkan, Kamu Pilih yang Mana?



Sahabat Minsanis,
Alhamdulillah, kita telah memasuki hari ke-15 puasa Ramadan. Itu berarti sudah separuh masa di bulan mulia ini terlewati, dan masih ada separuh lagi yang akan dilalui. Tentunya beragam aktivitas telah kita lalui selama 15 hari kemarin, termasuk aktifitas ngabuburit.

 Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), ngabuburit adalah menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan, dan diberi tanda (sd), sebagai tanda bahwa kata tersebut berasal dari bahasa sunda. Menurut kamus bahasa sunda sendiri, ngabuburit berarti ngalantung ngadagoan burit , atau menunggu saat berbuka sambil mengerjakan sesuatu yang santai. Istilah ini semakin familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena banyak digunakan pada program televisi dan radio, apalagi dengan adanya media sosial.

Sesuai dengan artinya yang santai, ngabuburit seharusnya menjadi kegiatan yang mengasyikkan dan menyenangkan. Berbagai pilihan kegiatan ngabuburit dapat dimanfaatkan, namun tetap dengan catatan. Berikut beberapa Prinsip kegiatan ngabuburit, yaitu:

1.    Harus Positif (Bermanfaat)
Ngabuburit harus diisi dengan dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Jika dulu, istilah ngabuburit ini biasanya diberikan pada anak-anak yang mengaji sebelum azan magrib tiba, maka di zaman sekarang kegiatannya bisa menyesuaikan. Jangan sampai ngabuburit diisi dengan kegiatan yang sia-sia, karena waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dan akan diminta pertanggungjawabannya. Apalagi jika diisi hal-hal yang justru mengancam  pahala Ramadan kita, segera jauhkan ya guys.

2.   Menambah Keimanan dan Kesyukuran Kepada Allah swt, Sang Pencipta
Kegiatan dalam rangka ngabuburit hendaknya bisa menambah keimanan dan kesyukuran kita kepada Allah swt., bukan malah sebaliknya. Pada momen Ramadan ini, setiap aktivitas kita bernilai ibadah. Alangkah baiknya kita mempunyai target capaian tertentu agar bisa memperoleh predikat Takwa yang dijanjikan Allah swt bagi orang yang berpuasa.

Oke Guys, dengan memahami kedua prinsip di atas, maka kita bisa memilih berbagai kegiatan ngabuburit yang pas. Selain hati kita nyaman tanpa perasaan waswas dalam melakukan, kita juga lebih memaknai Ramadan dengan aktivitas bermanfaat. Berikut 4 alternatif  kegiatan ngabuburit yang sesuai prinsip dan mengasyikkan, Kamu pilih yang mana guys?

1.   Mengikuti Kajian Ilmu
Mengikuti kajian ilmu selama bulan Ramadan, menjadi pilihan tepat untuk mendapat keberkahan. Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan hadis dari Anas bin Malik ra., Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa hadir di majelis ilmu pada bulan Ramadan, maka Allah swt. menulis bagi orang tersebut tiap-tiap jangkahan kakinya sebagai ibadah satu tahun”. 
Ngabuburit dengan belajar ilmu agama
Sumber foto: khazanah.republika.co.id
Saat ini banyak sekali kajian ilmu selama Ramadan yang dikemas dalam kegiatan asyik dan menarik, seperti Camp Ramadan, Pesantren Kilat, Festival Ramadan, dan lain sebagainya.

2.   Mengunjungi Pasar Juadah Ramadan
Pernah mengunjungi Pasar Juadah Ramadan? Sungguh seru  dan mengasyikkan ya guys. Berbagai makanan dijual untuk berbuka puasa, mulai dari penganan hingga sayur dan lauk pauk. Uniknya lagi, banyak jajanan yang dijual, hanya ada di saat Ramadan. Umumnya berupa kue jadul atau tradisional banget, seperti kue pasung, lemang, jorong-jorong, dan lain-lain. Rasanya jangan ditanya, sudah pasti maknyuss dan ngangenin banget. Hehehe…

Mengunjungi pasar juadah Ramadan
Sumber foto: koleksi pribadi

3.   Menyalurkan Hobi yang Bermanfaat
Ngabuburit juga asyik jika dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi. Selain membuat waktu menunggu nggak terasa, juga menghasilkan karya yang bermanfaat dan menguntungkan lho guys. Misalnya buat kamu yang hobi baking bisa mengisinya dengan membuat kue penganan berbuka atau untuk menyambut hari raya. Keuntungannya pasti berlipat ganda ya guys. Hobi lainnya juga bisa, seperti membuat aksesoris atau kreasi hiasan untuk mempercantik rumah di saat Lebaran tiba.
Dari hobi yang mendatangkan keuntungan
Sumber foto: discus.id

4.   Jalan-jalan ke Tempat Wisata
Nah ini seru abis, jalan-jalan ke tempat wisata saat ngabuburit pasti mengasyikkan dan disenangi banyak orang. Apalagi jika jalannya bersama orang-orang dekat dan disayangi, seperti keluarga, sahabat serta rekan komunitas lainnya. Pasti waktu terasa berputar cepat. Banyak pilihan tempat wisata, seperti wisata religi, taman, pantai dan lain-lain.
Salah satu tempat favorit untuk Ngabuburit di Pontianak
Sumber foto: koleksi pribadi

Seru ya, apabila momen ngabuburit diisi dengan aktivitas mengasyikkan. Apalagi yang mempunyai manfaat dan keuntungan berlipat ganda serta membawa keberkahan. Kamu pilih yang mana?
Semoga hari-hari Ramadan kita selalu berkah dan bermanfaat. Amin

Pontianak, 15 Ramadan 1440H

#NgabuburitAsyik
 #12DaysBlogChallenge
#Day4
#kisahmamaminsanis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??