Mau THRmu Bermanfaat Untuk Dunia dan Akhirat? Yuk Kelola Secara Bijak dan Utamakan Prioritas




Sahabat Minsanis,

Melewati masa pertengahan Ramadan, sebagian besar masyarakat ramai disibukkan dengan persiapan hari raya. Diantaranya bersih-bersih seluruh rumah, belanja baju baru, kue lebaran dan tradisi unik yang sangat kental di negara kita yaitu mudik. Namun, dibalik semua itu, ada satu hal yang sangat dinanti kedatangannya yaitu THR. Apa itu THR dan bagaimana agar THR bermanfaat untuk dunia akhirat. Kepoin yuk Guys… 


Menurut Wikipedia, tunjangan hari raya atau THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia. THR ini wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Ketentuan mengenai THR ini diatur dalam Peraturan Menteri tenaga Kerja No.6 Tahun 2016. Jika sebelumnya, tenaga kerja yang berhak menerima THR minimal telah bekerja selama 3 bulan, kemudian diubah menjadi 1 bulan. 

 Besaran THR juga berbeda-beda sesuai dengan pangkat, jabatan dan posisi tenaga kerja tersebut. Tetapi, berapapun besarnya, menerima THR sepatutnya disyukuri oleh setiap pekerja, karena uang ini merupakan bonus di luar gaji yang sangat bermanfaat dalam persiapan menyambut hari raya idul Fitri. Sayangnya, THR yang dianggap sebagai uang kaget ini, sering tidak dikelola secara baik dan habis dalam waktu sebentar saja untuk kepentingan duniawi dan hura-hura. Padahal, alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk kebaikan dunia dan akhirat, dengan dikelola secara bijak dan prioritas. Ingin tahu caranya? Simak bersama yuuk. 
Sumber gambar : renunganislami.com



Pengelolaan THR Untuk Kepentingan Dunia
Banyak hal yang bisa digunakan dari uang THR yang diterima. Apalagi jika jumlah uang yang diterima dalam jumlah yang cukup besar.
Berikut beberapa pemanfaatan THR untuk hal-hal duniawi, seperti:

1.      Belanja Persiapan Hari Raya
Umumnya setiap orang memprioritaskan belanja persiapan hari raya sebagai pos pengeluaran pertama dari uang THR yang diterima. Selain memang sesuai peruntukannya, persiapan hari raya meliputi banyak hal yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kebutuhannya antara lain untuk membeli pakaian baru, kue-kue, belanja dapur buat hidangan di hari raya dan lain-lain. Namun, diperlukan sikap bijak dalam hal ini, jangan sampai semua uang THR habis hanya buat hal ini saja. 
Kue kering yang menjadi sajian di hari fitri
Sumber gambar : discus.id


2.      Biaya Mudik
Di Negara kita sangat kental dengan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman pada saat hari raya tiba. Setidaknya ada 3 manfaat mudik yang selalu dirindukan yaitu bertemu dengan orang tua dan sanak saudara, saling bermaaf-maafan langsung, serta menjalin ukhuwwah antar saudara dan kerabat yang selama ini terpisah jarak. Namun, untuk melakukan tradisi ini, memerlukan biaya yang lumayan besar. Apalagi jika kampung halaman yang dituju jaraknya jauh dan memerlukan biaya transportasi yang mahal. Tak sedikit orang yang rela menghabiskan tabungan hasil lelah kerjanya setiap bulan dan juga uang THR, agar bisa mudik setahun sekali. 
Sumber gambar : gambargambar.co


3.      Biaya Renovasi atau Untuk Mempercantik Rumah
Hari raya identik dengan saling kunjung mengunjungi dan bersilaturrahim, sehingga setiap keluarga berlomba untuk mempercantik kediamannya. Mulai dari bersih-bersih, membeli perabot baru dan juga merenovasi bagian tertentu rumahnya supaya kelihatan indah. Kamu termasuk di dalamnya enggak Guys?
Tak jarang uang THR yang diperoleh telah direncanakan untuk biaya renovasi atau mempercantik rumah. Jangan tanya biayanya ya, karena untuk ongkos tukang bangunan dan membeli materialnya perlu merogoh kantong yang cukup dalam.  
Sumber gambar : wordpress.com


4.      Perbaikan atau Membeli Kendaraan
Bagi yang mempunyai THR dalam jumlah besar, ada yang mengalokasikannya untuk memperbaiki kendaraan atau membeli kendaraan baru. Tentunya ada kebanggaan sendiri ketika bersilaturrahim di hari raya atau mudik ke kampung halaman dengan kendaraan yang bagus ya Guys. Hehehe, tapi buat yang THRnya kecil jangan coba-coba, karena bisa-bisa pos kebutuhan lebaran lainnya tidak terpenuhi. 
Promo kendaraan baru yang menggoda mejelang hari raya
Sumber gambar : gingsul.com

Pengelolaan THR Untuk Kepentingan Akhirat
Setidaknya ada 3 pos pengeluaran yang bisa kita alokasikan dari THR bisa membawa manfaat hingga hari akhirat, seperti:

1.      Membayar Zakat
Membayar zakat (fitrah) adalah kewajiban setiap muslim, baik laki-laki dan perempuan, dibayarkan pada bulan Ramadan sebelum idul fitri tiba. Ada pula zakat lain seperti zakat profesi dan zakat yang hanya dibayar setahun  sekali dengan syarat tertentu seperti zakat mal, zakat perdagangan, dan lain-lain.
Zakat mempunyai makna untuk: membersihkan harta, membawa keberkahan dan menumbuh serta mengembangkan yang dimiliki. Berzakat tidak akan membawa kerugian dan kemiskinan, malah sebaliknya harta yang dimiliki akan berkah dunia hingga akhirat nanti, usaha dan perdagangan terus tumbuh dan berkembang. Jadi, jangan lupa sisihkan uang THR-mu untuk kewajiban zakat terlebih dahulu. 
Sumber gambar : gambarminimalis.com

2.      Membayar Hutang
Jangan pernah mengabaikan hutang. Dalam suatu hadis dikatakan, status berhutang membuat pelakunya mendapatkan kehinaan di siang hari dan kegelisahan di malam hari. Selain itu bagi orang yang berhutang, kemudian dia mampu membayar namun tidak melakukannya, hingga akhir hayat, maka sungguh orang tersebut akan mengalami kerugian. Beberapa riwayat dan hadis menjelaskan tentang hal ini, diantaranya : Jika meninggal, ia akan terhalang masuk surga meskipun mati syahid, keadaannya tidak jelas apakah selamat atau binasa hingga hutangnya dilunaskan, akan bertemu Allah swt. dengan status sebagai pencuri. Sungguh mengerikan ya Guys. Mari ingat-ingat kembali, masih adakah hutang yang belum dilunaskan. Jika belum, bayarlah segera saat THR-mu cair. 
Sumber gambar : tongkronganislami.net

3.      Bersedekah dan Infak
Sedekah dan infak menjadi amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadan. Selain sebagai bukti keimanan dan mendapat pahala yang berlipat ganda, sedekah juga mempunyai banyak keutamaan. Diantaranya: dapat menghapus dosa, mendapat naungan di hari kiamat kelak, membawa keberkahan pada harta yang dimiliki, terdapat pintu khusus di surga yang diperuntukkan bagi orang yang gemar bersedekah, membebaskan dari siksa kubur, merasakan hati yang lapang dan bahagia, serta menjauhkan diri dari api neraka.
Masya Allah, banyak sekali keutamaannya ya guys. Yuk, mari kita sisihkan THR untuk bersedekah kepada yang membutuhkan. 
Sumber gambar : twitter.com

Kelola Secara Bijak dan Prioritas
Beberapa tips yang dapat digunakan dalam pengelolaan THR adalah sebagai berikut :
1.      Dahulukan yang Paling Penting
2.      Periksa Kembali Apakah Masih Ada Hak Orang Lain yang Belum Ditunaikan
3.      Tidak Belanja secara Berlebihan, dan
4.      Gunakan Secara Terencana

Bagaimana Guys, setiap orang bisa memanfaatkan THR untuk kepentingan dunia dan akhirat bukan? Yaitu dengan mengelolanya secara bijak dan mendahulukan prioritas. Semoga dengan demikian THR kita menjadi berkah dan membawa manfaat sebesar-besarnya dalam kehidupan kita. Aamiin…aamiin yaa rabal ‘aalamiin.

 Pontianak, 17 Ramadan 1440H

#12DaysBlogChallenge
#ManfaatkanTHRuntukDuniaAkhirat
#Day6
#kisahmamaminsanis


Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??