Intip Yuk Keutamaan Sedekah, Sebuah Amalan yang Sangat Dianjurkan di Bulan Ramadan


Salah Satu Keutamaan Sedekah
Sumber gambar: twitter.com

Sahabat Minsanis,
Salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan adalah bersedekah. Apakah itu sedekah dan bagaimana keutamaannya? Intip bersama yuk.

Pengertian sedekah seperti termuat dalam Wikipedia adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari zakat maupun infak, karena tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun mencakup segala amal atau perbuatan baik. Sedangkan makna sedekah adalah membelanjakan harta dalam rangka taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah swt.

Anjuran untuk bersedekah, banyak terdapat dalam Al-Quran dan hadis. Diantaranya :
1.      QS.Al-Baqarah Ayat 245
“ Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepadaNyalah kamu dikembalikan.”

2.      QS. Al-Baqarah Ayat 261
“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh)orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ( ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha luas (karuniaNya) lagi Maha mengetahui.”

Banyak sekali keutamaan melakukan sedekah, terlebih di bulan Ramadan yang mulia. Sedikitnya ada 11 keutamaan sedekah, seperti yang dilansir di http://muslim.or.id, diantaranya :

1.      Dapat Menghapus Dosa
Sebagaimana Sabda Rasulullah saw. Seperti yang diriwayatkan Tirmidzi:
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana api memadamkan air” (HR.Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)
Sumber gambar: animasibergerak.net

2.      Mendapat Naungan di Hari Akhir
Rasulullah saw. Menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan Allah di hari akhir, salah satunya adalah orang yang bersedekah. Sesuai dengan Hadis riwayat Bukhari no. 1421, “Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” 
mber gambar: newleknoes.com


3.      Memberi Keberkahan pada Harta
Sabda Rasulullah saw. Seperti yang diriwayatkan Muslim:
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR.Muslim no. 2588). 
mber gambar:petualanganzara.com

4.      Pahalanya Dilipatgandakan
Firman Allah swt. dalam surah Al-Hadid ayat 18 :
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”
mber gambar: beritakapan.com

5.      Bisa Masuk Surga Melalui Pintu Khusus
Sebagaimana terdapat dalam hadis Rasulullah saw. berikut.
“Orang yang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka ia akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no. 3066, Muslim no. 1027). 
Mukjizat sedekah
Sumber gambar: tasidola.com


6.      Bukti Keimanan Seseorang
Sesuai hadis riwayat Muslim no. 223, yang artinya :
“Sedekah adalah bukti.”
Hadis ini dijelaskan oleh An Nawawi, yaitu bukti kebenaran imannya. 

7.      Terbebas dari Siksa Kubur
Rasulullah saw. bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873) 
mber gambar: masngeblog.blogspot.com

8.      Mencegah Pedagang Melakukan Maksiat Dalam Jual Beli
Sesuai dengan sabda Rasulullah saw.: “ Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual beli. Maka hiasilah jual beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi no. 1208). 

9.      Merasakan kelapangan Dada dan Hati yang Bahagia
Rasulullah saw. bersabda : “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutup dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443) 

10.  Pahala Sedekah Akan Terus Berkembang
Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah saw., “Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kananNya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud.” (HR. At Tirmidzi 662) 
mber gambar: taukmontauk.com

11.  Menjauhkan Diri dari Api Neraka
Sedekah mempunyai andil dalam menjauhkan kita dari api neraka, sebagaimana sabda Rasulullah saw.: “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari 66539, Muslim no. 1016).
Sedekah sebagai penebus api neraka
Sumber gambar:twitter.com


Masya Allah, luar biasa banyak keutamaan yang didapat dari melakukan sedekah. Jadi, jangan pernah takut untuk bersedekah, karena tidak ada orang yang jatuh miskin karena bersedekah, sebaliknya hartanya akan berkah dan berkembang berlipat-lipat. Mari di bulan Ramadan yang mulia ini kita memperbanyak sedekah. Semoga hati kita diringankan untuk melakukannya. 
Aamiin…aamiin yaa rabal ‘aalamiin.
mber gambar: jnukmi.uns.ac.id
Pontianak, 18 Ramadan 1440H

#12DaysBlogChallenge
#Day7
#Sedekah
#kisahmamaminsanis


Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  2. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasihat kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  3. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??