Jalan-Jalan Saat Puasa, Kenapa Tidak? Berikut Manfaat serta Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Travelling



Jalan-jalan ke Waterfront Pontianak sambil menunggu waktu berbuka puasa

Sahabat Minsanis,
Puasa Ramadan adalah ibadah rutin tahunan umat Muslim yang sangat dinantikan. Walau tubuh berpuasa sehari penuh dari subuh sampai magrib, dan terjadi perubahan jadwal konsumsi makanan, namun jangan menjadikannya sebagai alasan buat mager dan tidak produktif ya.

Semua aktivitas tetap bisa dilakukan saat berpuasa, baik itu bekerja, belajar, atau jalan-jalan sekali pun. Ingin jalan-jalan saat puasa? Kenapa tidak?

Sedikitnya ada 5 manfaat yang didapat dari #jalanjalanselamaRamadan, simak satu persatu yuk.
1.   Memanfaatkan Waktu Menunggu Saat Berbuka dengan Kegiatan Menyenangkan
Rentang waktu yang cukup lama antara sahur dan berbuka, tidak jarang menimbulkan rasa bosan, tidak nyaman dan tak sedikit yang tergoda membatalkan puasa. Padahal waktu berbuka adalah salah satu dari dua kebahagiaan orang berpuasa, sebagaimana hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah.

Hadis yang menyatakan bahwa saat berbuka merupakan salah satu kebahagiaan orang berpuasa

Jalan-jalan menjadi alternatif kegiatan menunggu waktu berbuka yang sangat menyenangkan. Kita bisa memilih lokasi tujuan yang sesuai dengan kesukaan, hobi, budget , kaya wisata religi dan lain-lain. Sharing yuk, lokasi favorit untuk menunggu buka puasa di tempat tinggalmu.

2.   Membuat Tubuh Lebih Sehat dan Bugar
Aktivitas fisik yang tidak berlebihan selama bulan Ramadan, seperti jalan kaki, dan bersepeda santai sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat meningkatkan kebugaran tubuh, juga baik untuk meningkatkan metabolism, pencernaan, serta kesehatan mental (psikis).

3.   Menambah Ikatan Kebersamaan
Jalan-jalan yang dilakukan bersama keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat akan menambah ikatan (bonding) yang kuat antara satu dengan yang lainnya. Pasti seru ya, jika setiap Ramadan kita punya agenda tetap untuk jalan-jalan bersama keluarga, sahabat dan rekan komunitas lainnya. Yuk, rencanakan…
Menikmati Kebersamaan dengan jalan-jalan bersama keluarga 

4.   Memanfaatkan Fasilitas Promo Wisata
Biasanya banyak promo wisata murah pada bulan Ramadan. Mulai dari tiket pesawat, penginapan serta tiket masuk kawasan wisata. Kamu dapat memanfaatkannya lho guys, tentu lebih efisien dan ringan di kantong.

5.   Destinasi Wisata Lebih Nyaman untuk Dinikmati
Saat Ramadan, destinasi wisata lebih sepi dari hari-hari biasa, apalagi jika dibanding musim liburan. Saat ini tentu lebih nyaman bagi kita untuk menikmati berbagai lokasi dan suasana di tempat wisata. Selain tidak bising dan padat, Kamu bisa sepuasnya mengambil view untuk mengabadikan momen liburan, tanpa perlu antri ya guys. 

Rasanya sudah enggak sabar ingin mengisi Ramadan dengan kegiatan jalan-jalan nih. Eits, tapi tunggu dulu. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar puasa tetap lancar saat jalan-jalan (travelling), diantaranya :
1.   Pilih Aktivitas Jalan-jalan yang Tidak Menguras Energi Berlebihan
Selama Ramadan, tubuh kita diharap tidak beraktivitas fisik yang berlebihan, tujuannya supaya tetap sehat dan lancar menjalankan ibadah Ramadan.

2.   Mempersiapkan Kondisi Tubuh Tetap Fit dengan Makan yang Cukup dan Bergizi

Pedoman Isi Piringku yang memenuhi standar Gizi seimbang

Penuhi Kecukupan cairan saat puasa

Kita dapat menikmati jalan-jalan jika tubuh dalam kondisi sehat (fit). Cara yang sangat membantu diantaranya dengan cukup mengonsumsi makanan bergizi dan juga cairan.

3.   Sesuaikan Destinasi Tujuan
Pilihan destinasi jalan-jalan semuanya tergantung dengan dirimu. Bijaklah dalam menyesuaikan destinasi tujuan. Diantaranya jarak tempuh, efektivitas biaya,  kemudahan menjalankan ibadah, manfaat bagi batiniyah (wisata religi) dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencari informasi tempat makan dan tempat ibadah terdekat ya, sebagai persiapan jika mesti berbuka di tempat tersebut.

4.   Membawa Barang Seperlunya
Apa yang terjadi jika kita membawa terlalu banyak barang saat jalan-jalan. Tentu menambah kerepotan tersendiri bukan? Persiapkan barang yang penting sebelum melakukan jalan-jalan agar tak menjadi beban.

5.   Selalu Menyediakan Makanan Kecil dan Air di Dalam Tas Untuk Membatalkan Puasa
Seringnya saat jalan-jalan, waktu berbuka dilalui di perjalanan, atau antri menunggu hidangan di rumah makan. Sebaiknya selalu menyediakan makanan kecil dan air untuk persiapan membatalkan puasa ya guys, karena menyegerakan berbuka itu sifatnya sunah.

Seru ya, apabila momen Ramadan bisa diisi dengan aktivitas jalan-jalan, apalagi bersama orang-orang terdekat dan yang kita sayangi. Tentu kebahagiaan dan limpahan manfaat dapat kita rasakan. 
Salam bahagia selalu…

Pontianak, 12 Ramadan 1440H

#kisahmamaminsanis
#JalanJalanSaatPuasa
#12DaysBlogChallenge
#Day2

Komentar

  1. Saya biasanya paling malas kalau harus jalan-jalan saat puasa. Tapi, di minggu pertama Ramadhan kemarin, saya "terpaksa" jalan-jalan. Dan, ternyata tidak sehoror yang saya bayangkan, kok. Tetap bisa enjoy jalan-jalan meski puasa.

    BalasHapus
  2. Jalan-Jalan saat puasa, saya paling pilih ngabuburit aja, sambil nunggu berbuka.

    BalasHapus
  3. Memilih stay di rumah kalo puasa hehehe paling keluar deket-deket waktu buka walaupun ketemu macet pasti.

    BalasHapus
  4. Sesekali, saya ngabuburit keluar rumah juga, Mbak. Memilih yang destinasi wisatanya luas dan tidak menguras tenaga saat ke sana. Pastinya yang outdoor seperti ini bikin segar mata dan pikiran ya :)

    BalasHapus
  5. Wah kalau jalan-jalan saat puasa dengan agenda seperti ini tentu bermanfaat sekali ya Mbak. Apalagi jalan-jalannya bareng keluarga, jadi tambah seru deh.

    BalasHapus
  6. Wah jarang saya jarang jalan saat puasa, hanya mudik aja siy hehe

    BalasHapus
  7. Saya pun kalau puasa justru lebih suka jalan2 mba biar g inget makanan mulu wkk
    Tempatny cucok bwt the next destinasi nih
    Tengs Mba

    BalasHapus
  8. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??