Sudahkah Smart Ladies Mengetahui Cara Menimbang Berat Badan yang Benar? Dapatkan Tipsnya di Sini



Gambar menimbang berat badan
Sumber: kesehatan.co

Halo Smart Ladies! 
Mengetahui berat badan yang kita miliki adalah penting. Mengapa? Karena berat badan menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Kelebihan atau kekurangan berat badan akan berisiko terhadap status kesehatan. Beberapa penyakit erat kaitannya dengan berat badan yang berlebih, yang disebabkan kelebihan asupan makanan. Misalnya gangguan penyakit jantung, diabetes mellitus, stroke, serta gangguan kardiovaskuler lainnya.

Lantas, apakah kekurangan berat badan akan aman? Ternyata tidak juga Ladies. Beberapa risiko akan dialami seseorang yang berat badannya kurang dari normal. Misalnya akan mengalami kurang energi protein (marasmus atau kwashiorkor), anemia dan mudah terkena penyakit infeksi.

Namun, tahukah Smart Ladies cara menimbang berat badan yang benar? Kesalahan dalam penimbangan tentu akan mempengaruhi hasil yang didapat, sehingga akan berdampak pula kesalahan dalam penilaian. Berikut tips menimbang berat badan yang benar yaitu :

1.      Dilakukan di Pagi Hari
      Saat pagi hari, sebelum sarapan dan berolahraga adalah saat yang tepat untuk menimbang. Berat badan di waktu pagi lebih stabil dibanding saat siang, sore atau malam hari. Lakukan penimbangan setelah Ladies melakukan aktivitas buang air ke belakang ya, karena timbunan air di kandung kemih atau kotoran akan mempengaruhi jarum timbangan.

2.      Menggunakan Pakaian Seminimal Mungkin 
Menggunakan pakaian seminimal mungkin saat akan menimbang
Sumber gambar : duniaq.com
      Setiap perlengkapan yang melekat di tubuh akan mempengaruhi angka pada timbangan, apalagi jika kita menggunakan timbangan digital yang tingkat ketelitiannya sangat tinggi. Untuk itu, Ladies sebaiknya menghindari menggunakan pakaian yang tebal dan berat ya. Gunakan pakaian seminimal mungkin agar angka di timbangan adalah benar-benar berat badan sendiri.

3.   Penempatan Timbangan di Tempat yang Rata dan Keras
     Sebelum menimbang, pastikan diri Ladies meletakkan timbangan di tempat yang benar yaitu di tempat rata dan keras. Mengapa harus begitu? Timbangan adalah sebuah alat yang sangat sensitif, penempatan yang tidak benar akan membuat hasilnya juga tidak valid. Jadi, cek kembali peletakan timbanganmu ya Smart Ladies.

4.    Pastikan Posisi JarumTimbangan Tepat di Angka 0 (Nol)
Penimbangan yang mengabaikan posisi awal jarum, apakah berada tepat di angka nol atau tidak, akan sangat mempengaruhi hasilnya . Selain itu, cara tepat untuk membaca hasil timbangan juga dengan berada tepat di posisi tengah timbangan (bukan di sebelah kiri atau kanan). Bagaimana dengan Ladies, apakah selama ini selalu memastikan jarum di posisi nol sebelum menaiki timbangan?

5.    Penempatan Posisi Kaki, Tangan  dan Tubuh yang Benar
Contoh penempatan kaki yang tidak benar di atas timbangan
Sumber gambar : gambaranimasi.com


Hal ini sering dianggap sepele. Bagaimanakah sebaiknya posisi kaki, tangan, dan tubuh saat menimbang? Pertama pastikan posisi kaki tepat berada di atas badan timbangan, tidak keluar di satu atau kedua sisinya. Kemudian tangan tepat berada di samping tubuh pada posisi siap (tidak berpegangan pada dinding atau barang lain), serta tubuh dalam posisi berdiri tegak lurus, tidak menunduk  dan lain sebagainya. 

6.     Menggunakan Timbangan yang Sama 
Melakukan penimbangan secara rutin adalah perilaku hidup sehat dan menjadi salah satu indikator keluarga sadar gizi. Namun, sangat disayangkan belum semua keluarga memiliki timbangan di rumah sendiri. Untuk bisa memantau perkembangan berat badan, sebaiknya menggunakan timbangan yang sama dari waktu ke waktu. Perbedaan timbangan akan menghasilkan angka yang juga berbeda dan sangat tidak disarankan.

7.      Menggunakan Timbangan yang Masih Bagus (Tidak Rusak)
Periksa kondisi timbangan dengan memeriksanya terlebih dahulu
Sumber gambar : gambaranimasi.com
     Ladies, timbangan merupakan alat yang sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan. Apalagi jika telah digunakan dalam waktu lama dan pernah mengalami benturan. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan berkala terhadap timbangan dalam rangka memastikan bahwa ia dalam kondisi baik dan bagus (tidak rusak). Beberapa cara dapat dilakukan, salah satunya dengan menimbang berkali-kali. Timbangan yang baik akan kembali tepat pada posisi nol setelah  beban di atasnya turun atau tidak ada.

       Demikian Smart Ladies, beberapa tips menimbang berat badan yang benar. Jadi, tunggu apa lagi,        mari kita praktikkan di rumah masing-masing. 
       Salam sehat dan tetap semangat…

# Bagaimanamenimbangberatbadandenganbenar 
#TipsMenimbangBeratBadan
#kisahmamaminsanis
#ArtikelKesehatan
#TrainingGBA






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??