Euforia Mudik, Yuk Ketahui Manfaat dan Tips Agar Mudik Lancar, Aman dan Menyenangkan



Sumber gambar: kochiefrog.com


Sahabat Minsanis,

Salah satu tradisi menyambut hari raya yang akrab dilakukan masyarakat kita adalah tradisi mudik. Menurut Wikipedia, mudik berarti kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Istilah mudik, mulanya berasal dari bahasa Jawa Ngoko, singkatan dari ‘mulih ndisik, yang berarti pulang sebentar. Umumnya, para perantau merasakan euforia untuk bisa mudik setiap tahun sekali, bahkan sebagian rela menghabiskan tabungan hasil jerih payah bekerja selama ini hanya untuk 'ritual mudik' setiap tahun. Penasaran enggak, sebenarnya apa sih manfaat yang didapat dari ‘mudik’ itu sendiri dan bagaimana tips supaya mudik yang dilakukan lancar, aman dan menyenangkan. Simak ulasannya ya Guys…

Manfaat Mudik

1.      Melepas Rindu dengan Orang tua dan Saudara
Kepulangan yang tidak sering ke kampung halaman (bahkan ada yang hanya setahun sekali), menyebabkan tradisi mudik menjadi ajang untuk melepas rindu dengan orang tua dan saudara.
Idul fitri merupakan ajang melepas rindu dengan orang tua dan saudara
Sumber gambar: koleksi pribadi


2.      Melepas Rasa Penat Setelah Bekerja di Kota Besar
Pekerjaan harian yang sifatnya rutinitas, kadang membuat penat dan rasa bosan. Hal ini menyebabkan banyak orang memanfaatkan momen hari raya yang mendapat libur cukup panjang, untuk melepas penat ke kampung halaman.

3.      Menjalin Silaturahmi
Pulang ke kampung halaman saat hari raya, menjadi momen tepat untuk menjalin silaturahmi kepada keluarga, saudara, tetangga, sahabat dan banyak lagi. Tidak hanya kepada orang yang menetap di kampung saja, silaturahmi di momen hari raya juga antar sesame perantau, sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan cerita. Sangat meneyenangkan ya Guys.
Lebaran menjalin silaturahmi yang terpisah karena jarak
Sumber gambar: koleksi pribadi


4.      Sebagai Media Rekreasi
Mudik juga sering dimanfaatkan untuk media rekreasi bersama seluruh keluarga besar. Tak penting lokasi wisata yang dituju, yang penting kebersamaannya yang menambah akrab dan dekat ikatan persaudaraan. 
Memanfaatkan momen kebersamaan di hari raya dengan berekreasi
Sumber gambar: koleksi pribadi


Tips Agar Mudik Aman, Nyaman dan Menyenangkan
1.      Buatlah Perencanaan Sebelum Mudik
Jika mudik adalah aktivitas rutin tahunan yang dilakukan, sebaiknya lakukan perencanaan untuk mudik jauh hari sebelumnya. Perencanaan sangat membantu pemudik menjalani aktivitas mudik menjadi aman, nyaman dan menyenangkan. Mengapa demikian? Karena tidak sedikit pemudik yang mengalami hal sebaliknya (tidak menyenangkan) selama melakukan mudik. Alasannya antara lain karena perencanaan mudik yang tidak matang dan lain sebagainya.

2.      Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan
Kampung halaman yang menjadi tujuan pemudik berbeda-berbeda. Ada yang jaraknya mudah dijangkau, namun banyak pula yang jaraknya ratusan kilometer. Untuk itu perlu persiapan kendaraan yang akan digunakan. Ada kelebihan dan kekurangan jika pemudik pulang menggunakan kendaraan umum, begitu pula dengan kendaraan pribadi. Namun, dengan menentukan sejak awal kendaraan yang akan digunakan akan membantu pemudik menyiapkan segala sesuatunya. 
Sebagai contoh, jika pemudik ingin menggunakan kendaraan umum, maka tentu jauh hari sudah melakukan pembelian tiket supaya tidak kehabisan. Begitu pula pada pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi, maka perlu menyiapkan kendaraannya agar kondisi baik dan siap melakukan perjalanan jauh. Selain itu perlu mengetahui jalur yang akan dilewati agar perjalanan lancar.
Tentukan dan persiapkan kendaraan mudik
Sumber gambar: gambar-gamabar.co


3.      Menabung Anggaran Untuk Persiapan Mudik
Aktivitas mudik membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebut saja biaya transport, oleh-oleh untuk keluarga di kampong, biaya makan di jalan, amplop untuk orang tua, saudara dan keluarga besar, biaya selama di kampong, biaya ke tempat wisata, biaya oleh-oleh pulang dan sebagainya. Banyaknya pengeluaran bahkan menyebabkan tabungan setahun ikut habis, karena besaran THR tak cukup menutupinya. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya perlu dipersiapkan tabungan khusus untuk mudik. Manfaatnya selain tidak mengganggu simpanan pos lainnya, kita juga akan mudah mengontrol pengeluaran dengan menyesuaikan tabungan khusus mudik ini. Jadi, mudik tidak akan membawa beban di kemudian hari seperti meninggalkan hutang dan lain sebagainya.
Persiapkan anggaran lebaran dengan menabung
Sumber gambar: pikiran-rakyat.com


4.      Mempersiapkan Barang Bawaan 
Aktivitas mudik yang memerlukan waktu berhari-hari tentu mengharuskan kita membawa barang. Mulai dari pakaian, perlengkapan pribadi lain, hingga obat-obatan. Tak lupa pula biasanya kita membekali oleh-oleh untuk keluarga di kampung. Semua barang ini sebaiknya telah dibuat daftar sebelumnya. Tujuannya memudahkan melakukan pengemasan dan menghindari barang tertinggal. Bawalah barang yang benar-benar diperlukan dan bersifat praktis, sehingga tidak merepotkan dalam membawanya. Bayangkan jika kita menggunakan kendaraan umum untuk mudik, jangan sampai bawaan yang terlalu banyak membawa kerepotan tersendiri, sehingga mudik menjadi tidak menyenangkan.
Persiapkan barang bawaan dengan memilih seperlunya
Sumber gambar: gambar-gambar.co

5.      Melakukan Perjalanan dalam Kondisi Sehat dan Fit
Perjalanan mudik yang melelahkan membutuhkan kondisi yang sehat dan fit dalam melakukannya. Untuk itu, persiapkan diri jauh hari sebelumnya dengan cukup istirahat atau tidur, makan yang cukup dan bergizi serta hindari aktivitas fisik yang terlalu melelahkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Buat yang membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi supir benar-benar sehat sebelum berangkat, dan manfaatkan rest area untuk istirahat agar aman selama perjalanan.
Utamakan keselamatan saat mudik
Sumber gambar: radaraktual.com

6.      Membawa Uang Tunai Secukupnya
Lokasi kampung halaman yang tidak mudah untuk menemukan fasilitas ATM, membuat pemudik harus menyiapkan uang tunai dalam jumlah cukup. Selain itu persiapkan juga biaya tidak terduga secukupnya, jangan pula berlebihan untuk menghindari pengeluaran yang tak perlu.

7.      Melakukan Perencanaan Aktivitas atau Kunjungan Selama Mudik
Mudik ke kampung halaman sering dimanfaatkan pemudik mengunjungi tempat wisata di sekitarnya, disamping mengunjungi sanak keluarga dan handai taulan. Agar waktu mudik lebih efektif dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebaiknya telah dilakukan perencanaan aktivitas atau kunjungan selama mudik ya Guys.

8.      Mendokumentasikan Setiap Momen Silaturahmi 
Silaturahmi selama mudik menjadi momen berharga yang dimiliki karena tidak setiap saat bisa dilakukan. Untuk itu jangan lupa mendokumentasikan setiap momen ini, sehingga ada kesan dan kenangan yang bisa dinikmati di waktu berikutnya.
Dokumentasi momen idul fitri
Sumber gambar: gambarupdate.com


9.      Jangan Boros Membeli Oleh-oleh Pulang
Umumnya, pemudik memanfaatkan kepulangan dengan membawa oleh-oleh yang banyak dari kampung halaman. Sebaiknya hindari yang terlalu berlebihan ya Guys, lebih baik uangnya ditabung atau sebagai persiapan di perjalanan.
  
Demikian  manfaat dan tips melakukan mudik. Mari mudik bagi yang mampu dan siap, namun ingat semua perlu perencanaan agar  mudik lancar, aman dan menyenangkan. 
Selamat mudik ya Guys, semoga perjalanannya lancar, menyenangkan dan membahagiakan. Aamiin…aamiin yaa rabal ‘aalamiin.

Pontianak, 19 Ramadan 1440H

#12DaysBlogChallenge
#Day8
#MudikLancarAmandanMenyenangkan
#kisahmamaminsanis


Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??