Penganan Jadul dan Minuman yang Menyegarkan Mendominasi Menu Favorit Berbuka Kami, Kelezatannya Membuat Dirindukan





Sahabat Minsanis,
Salah satu keutamaan dari puasa adalah baik untuk kesehatan tubuh manusia. Saat berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan, kita mengalami perubahan waktu dan kebiasaan makan yang mengharuskan untuk bijak mengatur pola makan, agar tetap sehat dan produktif dalam beraktivitas. Untuk itu, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah menu makanan berbuka dan sahur. Setiap keluarga pasti mempunyai menu favorit berbuka bukan? Penganan jadul dan minuman yang menyegarkan mendominasi menu favorit berbuka keluarga kami, kezatannya membuat dirindukan. Kepoin yuk, apa saja menunya…

Namun, sebelum bicarakan menu, alangkah lebih baik jika kita mengetahui beberapa prinsip menu sehat berbuka. Diantaranya adalah berupa makanan ringan yang mengandung gula sederhana, minuman dan buah-buahan segar, serta cukup cairan karena selama 12 jam lebih tubuh kekurangan cairan. Sementara untuk makanan berat (hidangan utama berupa nasi dan lauk pauknya) dikonsumsi setelah 30-60 menit berikutnya. Simpel dan enggak ribet, prinsipnya kan Guys? Mari jadikan panduan yuk.

Berikutnya, inilah 5 menu favorit berbuka keluarga kami, umumnya terdiri dari penganan tempo dulu (jadul), namun rasanya enggak perlu diragukan lagi. Rasanya yang lezat, membuatnya selalu dirindukan.

1.      Kurma
Menu ini tidak hanya menjadi favorit, tapi sudah menjadi menu wajib setiap berbuka puasa di bulan Ramadan. Tiada hari berbuka tanpa diawali dengan buah kurma, sehingga stok kurma di rumah tidak boleh kosong. Hehehe…
Mengonsumsi kurma untuk berbuka, tidak hanya baik untuk kesehatan, namun menjadi sunah dari Rasulullah saw. Manfaat buah ini sangat baik untuk proses pencernaan dan dapat meningkatkan energi seseorang setelah setengah jam mengonsumsinya. Kurma juga mampu membantu menghindari makan berlebihan saat berbuka, kaya vitamin, mineral dan serat. Luar biasa manfaat buah ini, yuk jadikan menu favoritmu juga ya Guys.
Kurma sebagai menu favorit berbuka keluarga kami
Sumber gambar: koleksi pribadi


2.      Kue Jorong-jorong
Penganan yang bahannya cukup simple yaitu terdiri dari tepung beras, santan dan gula ini, merupakan makanan jadul (zaman dulu) dan khas dari Pontianak. Bentuknya unik karena beralaskan langsung daun pandan (dari jenis ukuran besar) yang dibentuk segiempat seperti perahu, sehingga sering dinamakan juga kue perahu. Rasanya lezat, perpaduan antara gurih dari santan dan manis dari gula. Sungguh membuat rindu, karena penganan ini jarang ditemukan di luar bulan Ramadan, kecuali dipesan secara khusus.
Kue Jorong-jorong dengan ciri khas alasnya berupa daun pandan yang dibentuk segiempat seperti perahu
Sumber gambar: koleksi pribadi


3.      Es Teler
Minuman favorit yang menyegarkan ini terdiri dari buah blewah (timun suri) yang matang dan harum, ditambah aneka buah dan bahan pelengkap lainnya ( buah nangka, semangka, naga, jelly, cincau, air kelapa, dan kacang merah). Untuk air, penambahan susu menjadi ciri khas. Rasanya sudah pasti menyegarkan ya Guys.
Es teler ini sangat cocok menjadi menu berbuka, karena sesuai menurut prinsip menu sehat berbuka. Buah-buahan segar yang terkandung didalamnya mengandung kaya vitamin, mineral dan serat, sesuatu yang sering kurang dalam menu orang berpuasa. Vitamin A, C dan kandungan asam folat dan kalium dalam buah sangat baik untuk kekebalan tubuh dan memfasilitasi sel darah dalam menyimpan dan membawa zat besi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu bahan cincau dan jelly, kaya kandungan serat dan sangat baik untuk meredakan panas dalam (suhu tubuh) akibat kekurangan cairan.
Es Teler yang menyegarkan
Sumber gambar: koleksi pribadi



4.      Chai Kue
Penganan khas Kalimantan Barat ini, selalu menjadi menu andalan keluarga kami. Dulu makanan ini terkenal sebagai hidangan warga Tionghoa yang banyak terdapat di sini, namun sekarang sudah menjadi sajian semua warga di bumi Khatulistiwa. Bentuknya seperti pastel, namun pengolahannya dengan cara dikukus. Isiannya pun sekarang lebih bervariasi, ada bengkuang, talas, kucai, ayam wortel, dan lain-lain. Rasanya sungguh maknyuss lho Guys, sekali mencoba pasti ketagihan. 
Dari sisi kesehatan, penganan ini pas untuk berbuka karena selain pengolahannya tidak digoreng, isiannya juga merupakan bahan makanan yang kaya kandungan gizinya.
Chai kue Pontianak
Sumber gambar : cookpad.com

5.      Bingka
Penganan jadul ini sudah menjadi oleh-oleh khas Kalimantan Barat yang terkenal ke seluruh Indonesia dan manca Negara lho. Setiap tamu yang datang ke Pontianak, akan senang membawa buah tangan berupa bingka yang outletnya banyak terdapat di Pontianak. Berbagai jenis variasi bingka dan beragam merk home industry memproduksi penganan khas ini. Sebut saja ada Bingka Al-Fajar, Kamboja, Putri Ayu, Khatulistiwa, Seroja, Mawar dan lain sebagainya. Semuanya mempunyai ciri khas dan variasi rasa masing-masing.
Di keluarga kami, bingka telur istimewa dan bingka asin ( terbuat dari bahan kentang, daging sapi dan telur) menjadi menu favorit. Kandungan gizinya cukup tinggi, karena kita ibarat makan hidangan sepinggan yang sudah lengkap kandungan zat gizinya meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Hmm. Lezatnya sungguh tak terkatakan.
Kue Bingka yang lezat menggugah selera
Sumber gambar: atf.com


Demikian Guys, menu favorit berbuka keluarga kami. Dominan penganan jadul dan minuman menyegarkan ya Guys. Selain rasanya yang lezat, kandungan gizi dari sisi kesehatan juga mantul banget kan. Harapannya, semoga ibadah puasa kita lancar, tetap sehat dan bisa melaksanakan semua aktivitas kerja dan ibadah di bulan mulia ini.
Aamiin…aamiin yaa rabal ‘aalamiin.

Pontianak, 22 Ramadan 1440H

#12DaysBlogChallenge
#Day10
#MenuFavoritBerbuka
#kisahmamaminsanis


Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??