5 Hal yang Harus Diketahui, Sebelum Menentukan Menu Diet, Agar Tepat dan Membawa Hasil Maksimal


Sumber: hariangadis.com

Hi Dears,
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan ideal, agar bisa menjalankan aktifitas secara optimal, bebas dari gangguan penyakit dan tekanan (stress). Selain itu, tubuh ideal juga mempunyai fungsi estetik/kecantikan, terutama bagi para wanita. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk bisa memperoleh tubuh yang sehat dan ideal, diantaranya melalui pengaturan makan atau diet. Namun, tidak semua dari mereka memahami apa itu diet dan bagaimana memilih diet yang tepat. Berikut 5 hal yang harus diketahui, sebelum menentukan diet, agar tepat dan membawa hasil maksimal. Penasaran kan Dears, yuk, simak bersama.

1.      Pahami Apa Itu Diet
Dilansir di laman HelloSehat, menurut dr. Arti Indira, M.Gizi, Sp.GK Diet adalah pengaturan pola makan, baik jenis, porsi, maupun kandungan gizinya, untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi diet bukan hanya berarti cara untuk menurunkan berat badan yang dilakukan oleh orang yang mempunyai kelebihan berat badan saja. Diet juga diperlukan untuk mempertahankan status kesehatan yang optimal bagi seseorang, serta membantu penyembuhan penyakit.

Oke Dears, lebih jelas kan sekarang apa itu dietJ

2.      Mengetahui Tujuan Diet yang Diinginkan
Sebelum memilih jenis diet, Kamu harus mengetahui tujuan yang diinginkan dengan menjalani diet, sehingga bisa memilih diet secara tepat dan efektif. Misalnya, jika bertujuan untuk mengurangi berat badan, maka pilihan yang tepat adalah diet rendah kalori dan tinggi serat; jika ingin menurunkan kadar kolesterol dan asam urat, maka pilihlah diet rendah kolesterol dan asam urat; jika ingin menurunkan tekanan darah tinggi, maka pilihlah diet rendah garam. 

Pilihan diet yang tepat, tentu akan membawa hasil yang diinginkan ya Dears, yuk, kita ketahui apa tujuan yang kita inginkan sebelum melakukan diet.

3.      Memahami Kondisi Tubuh Saat Ini
Hal penting sebelum melakukan diet adalah memahami kondisi tubuh kita sekarang. Apakah kelebihan berat badan, atau kelebihan lemak jenuh yang berisiko menyebabkan penyakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi? Atau kurang aktifitas, kurang istirahat dan lain sebagainya.

Dengan memahami kondisi tubuh, maka akan membantu kita memilih diet yang tepat, sehingga keinginan untuk memiliki tubuh sehat dapat tercapai. Ingat, diet yang tepat buat orang lain, belum tentu juga tepat untuk diri kita, karena setiap orang mempunyai keunikan kondisi tubuh masing-masing.

4.      Memilih Diet Sehat, Bukan Diet Instan
Dears, banyak sekali pilihan diet yang ada, mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga yang pabrikan. Baik yang dikerjakan secara manual di dapur sendiri, hingga yang instan, bisa langsung diminum atau dimakan. Namun, Kamu harus pintar memilih dan membedakan, mana diet yang sehat dan mana yang tidak. 

Berbagai pilihan diet instan untuk menurunkan berat badan, saat ini banyak ditawarkan. Nah, sebagai orang bijak, sudah semestinya Kamu memilih diet yang sehat. Diet yang sehat tetap memperhatikan pola gizi seimbang dan kebiasaan makan sehari-hari seseorang. Jangan sampai, diet yang dilakukan malah menimbulkan efek samping atau penyakit tertentu. Tentu jadi merepotkan ya Dears.

5.      Mengetahui Tanda-tanda Diet Berhasil atau Gagal
Oke Dears, apabila Kamu telah menjalankan diet tertentu, jangan lupa untuk mengevaluasi apakah dietmu berhasil atau gagal. Tanda diet berhasil tentu saja bisa mencapai tujuan sesuai keinginan, nyaman untuk dilakukan, membuat tubuhmu terasa bugar dan tidak ada keluhan efek samping atau gangguan sakit. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, maka Kamu perlu segera menghentikan diet dan merubahnya dengan diet lain yang menyehatkan. 


Demikian Dears, 5 hal yang harus Kamu ketahui sebelum menentukan menu diet, agar tepat dan membawa hasi maksimal, karena kesehatan adalah modal utama dalam kehidupan. Silahkan dipelajari ya Dears, supaya kita semua sehat dan bisa menjalankankan aktifitas sehari-hari dengan lancar. Salam 


#menudiet
#diettepat
#dietmembawahasilmaksimal
#kisahmamaminsanis














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??