7 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Dengan Membawa Bekal Sehat, Yuk, Mari Kita Lakukan Mulai Dari Resep Bekal Yang Praktis


Contoh Bekal Sehat Nasi Bento

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat, terhindar dari segala penyakit dan bisa menikmati hidup secara aktif dan berkualitas. Kamu termasuk salah satunya juga, bukan? Untuk mendapat kondisi ini Kamu wajib menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, karena u are what u eat,  kondisi kesehatanmu akan berbanding lurus dengan asupan makanan yang selama ini kamu makan.
Cara yang sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan sehat adalah dengan membawa bekal dari rumah, karena kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk kita intip, apa saja 7 manfaat yang didapat dengan membawa bekal sehat.
1.      Menjaga Pola Makan Sehat
Zaman millennial membawa pengaruh bagi pola makan seseorang saat ini. Dengan dukungan tehnologi yang makin canggih dan modern, memungkinkan setiap orang mendapatkan semua hal yang serba praktis dan instan, termasuk pada pola makan. Saat ini dapat kita temukan dengan mudah fastfood di setiap pelosok kota, ditambah dengan dukungan delivery service atau layanan antar, sehingga menggoda banyak orang untuk menggunakan fasilitas ini.
Pola konsumsi makanan beragam, bergizi seimbang dan aman yang diwariskan pendahulu bangsa melalui menu makanan tradisional yang diolah dari bahan baku segar, tinggi serat dan menggunakan bumbu herbal telah bergeser menjadi pola konsumsi makanan cepat saji yang tinggi kadar lemak jenuh, tinggi garam, gula serta miskin serat makanan. Dengan membawa bekal sehat, maka kamu akan terhindar dari pola makan yang tidak sehat.

2.      Terjamin Kebersihannya
Makanan yang dijual bebas, tidak semuanya terjamin kebersihan dan kualitas kesegarannya. Bahkan kita pernah dikejutkan dengan beberapa berita tentang jajanan yang menggunakan bahan berbahaya. Nah, sekarang kita tak perlu ragu atau takut lagi, karena bekal yang kita bawa terjamin kebersihannya. Kamu pasti mau kan?

3.      Terhindar dari penyakit
Tahukah kamu, beberapa penyakit dapat ditularkan melalui penjamah makanan, yaitu orang yang secara langsung berhubungan dengan makanan serta peralatannya. Mulai dari tahap persiapan, pembersihan, pengolahan, pengangkutan sampai dengan penyajian. Siapa yang mau terkena penyakit? Tentu kita semua menolak. Kamu dapat menghindarinya jika membawa bekal sendiri.

4.      Memberikan Unsur gizi yang kurang lengkap pada makan pagi
Pernah nggak Kamu melakukan aktifitas makan pagimu secara terburu-buru? Atau tidak makan pagi sama sekali? Catatan hasil survey Pergizi Pangan Tahun 2012 menyebutkan bahwa prevalensi anak dan remaja yang tidak biasa melakukan sarapan ada sebanyak 16,9 – 59 %, sedangkan pada orang dewasa sebanyak 31,2 %. Padahal kita tahu sarapan penting sekali bagi tubuh kita setelah beberapa jam lamanya istirahat dari aktifitas makan karena tidur. Dengan membawa bekal akan membantu melengkapi unsur gizi yang diperlukan tubuh karena belum terpenuhi saat sarapan pagi. 

5.      Meningkatkan produktifitas dan konsentrasi
Bekal sehat, akan mencukupkan kebutuhan gizi. Kecukupan gizi seseorang membantu meningkatkan produktifitas kerja serta konsentrasi. Apabila ini terjadi pada anak sekolah, maka akan membantunya fokus dalam menerima pelajaran dan semua aktifitasnya di sekolah. Demikian pula pada  usia kerja, tentu akan berpenegaruh pada produktifitas kinerjanya. 

6.      Menghindari kebiasaan jajan
Jajanan seperti yang kita ketahui, mempunyai dampak negatif lebih banyak dibanding dampak positif. Dari segi ekonomis akan meningkatkan pengeluaran, dari sisi higienis tidak terjamin kebersihan, belum lagi bahaya akibat bahan berbahaya dan kuman penyakit yang bisa ditularkan. Membawa bekal akan membuat kamu terhindar dari semua hal yang diakibatkan oleh jajanan. Ayuk, mari kita terapkan bersama. 

7.      Dapat menyesuaikan keadaan
Bekal yang kamu bawa bisa menyesuaikan apapun keadaan dirimu. Seperti selera yang disukai, status kesehatanmu saat ini, juga pilihan menu, mau yang ekonomis atau yang non-ekonomis. Semua itu bisa diatur sendiri, sehingga prinsip bisa hidup sehat dengan makan enak, tak perlu kita ragukan lagi. Kamu pasti menyukainya bukan? 

Mengetahui banyaknya manfaat dari membawa bekal, maka yuk mari bersama kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bekal sehat tidak harus mahal, yang penting memenuhi unsur gizi seimbang, yaitu mengandung karbohidrat (makanan pokok), protein (lauk hewani dan kacang-kacangan) serta sayuran. Untuk buah, lebih baik diberikan dalam bentuk utuh seperti buah pisang atau jeruk.
Berikut ini salah satu contoh resep menu bekal sehat yang praktis dan mudah untuk dilakukan. Berupa one dish meal (hidangan sepinggan). Tahukah kamu, hidangan sepinggan adalah makanan yang mengandung semua unsur zat gizi dalam satu menu atau hidangan. Begitu praktis dan menyehatkan tentunya.
Resep Telur dadar Sosis Sayuran
sumber : resepmasakkreatif.blogspot.com

Bahan-bahan :
·                     1 butir telur
·                     1 buah sosis sapi atau ayam (bisa diganti dengan daging ayam atau sapi giling serta ditambah kacang merah atau tahu)
·                     1 buah buncis rebus (bisa ditambah wortel, timun atau sayuran lain)
·                     50 gram nasi putih

Cara membuatnya :
Kocok telur menggunakan sendok bersama sedikit garam lalu goreng atau dadar dengan sedikit minyak, sisihkan.
Letakkan telur dadar di piring, tuangkan nasi di atasnya, lalu letakkan sosis dan wortel di atas nasi.
Gulung dahulu nasi berisi sosis dan wortel, baru kemudian gulung telur dadarnya. Potong-potong lalu tata dalam wadah bekal.
Praktis sekali bukan? Selamat mencoba dan salam sehat.

#Resepbekalsehat














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??