Wow, Ternyata 5 Jenis Sayuran Ini Tidak Hanya Menyehatkan Tubuh, Tapi Mempunyai Khasiat Besar Bagi Kecantikan


Sumber foto : pixabay.com
Setiap hari kita mengonsumsi sayuran untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting dalam metabolisme tubuh. Selain itu sumber antioksidan yang membantu tubuh dari serangan penyakit dan oksidan yang merugikan. Serta tinggi kandungan serat yang berguna untuk menyerap air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban kotoran dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh.


Tahukah kamu, ternyata dibalik manfaat sayuran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, juga tersimpan khasiat besar bagi kecantikan. Yakin deh, kaum perempuan pasti akan suka. Kamu mau tahu atau mau tahu banget? Ayo kita kupas satu persatu khasiat 5 sayuran ini beserta cara pemanfaatannya.

1.      Tomat
Selain kaya akan vitamin C dan E, mineral mangan dan beta karoten, tomat juga tinggi kandungan  lycopene yaitu agen antioksidan yang membantu memerangi kerusakan sel kulit dari dalam serta melindungi diri dari risiko kanker kulit. Setiap hari kita dianjurkan mengonsumsi minimal 16 mg lycopene agar efektif memerangi radikal bebas dalam tubuh dan membantu memelihara kelembaban kulit. Lycopene juga mencegah pengeroposan tulang dan osteoporosis. Selain itu dengan mengonsumsi tomat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pengendalian tingkat kolesterol darah, kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.
Bagi kecantikan, khasiat tomat tak kalah banyaknya, yaitu: membantu menyamarkan noda dan bintik hitam, kemerahan akibat jerawat, menghaluskan kulit bersisik, memperlambat proses penuaan kulit, memberantas radikal bebas penyebab kerutan, mendorong produksi kolagen kulit (menjaga kekencangan dan elastisitas kulit), mendorong produksi epidermis sehingga memulihkan kulit kering dan mengelupas, menyuplai kelembapan kulit serta mengeluarkan rona cerah bercahaya alami kulit. Banyak sekali ya khasiatnya, apakah Kamu mau mencoba?
Berikut cara praktis membuat masker tomat dan mentimun, untuk mendapat khasiat kecantikan dari kedua bahan ini.

Masker Tomat dan Mentimun
Bahan  : 2 bh tomat (100 gr) dan ½  bh timun ( 100 gr)
Cara     : Cuci bersih kedua bahan lalu diblender hingga halus. Kemudian dibalurkan ke wajah selama 30 menit (sampai wajah terasa mengencang), baru dibilas.

2.      Timun atau Mentimun
Timun bermanfaat untuk mejaga kelembaban tubuh karena mengandung 90% air, kaya akan mineral kalium, magnesium dan silicon yang baik untuk menghaluskan dan memperbaiki keseluruhan penampilan kulit, mengontrol tingkat keasaman kulit, mengusir racun dalam tubuh, membantu melarutkan batu ginjal dan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.
Disamping itu, bagi kecantikan, timun memiliki khasiat untuk menghilangkan lingkaran hitam di bagian mata, mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit berminyak, mengecilkan pori-pori hitam, mengatasi kulit kering dan mencegah penuaan dini. Luar biasa banyak bukan manfaatnya, yuk mari kita dapatkan.

3.      Labu Air
Labu air mengandung vitamin C dan banyak mineral yang diperlukan tubuh seperti kalsium, polifenol dan sponin sehingga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya: menyembuhkan panas dalam, menyembuhkan sariawan, memperkuat tulang, membangkitkan tenaga/stamina, menurunkan temperatur pada anak yang mengalami demam tinggi, membuang angin sisa atau kembung, membantu mengeluarkan batu ginjal, mencegah kolesterol, menurunkan darah, mengandung folat untuk kesempurnaan pembentukan janin pada ibu hamil, mencegah sembelit, membersihkan paru-paru, menurunkan berat badan dan baik untuk kesehatan jantung.
Banyak sekali ya manfaatnya. Disamping itu, bagi kecantikan labu air berkhasiat untuk menghaluskan dan meremajakan kulit, menutup pori-pori, membantu mengatasi jerawat nakal, mencegah keriput serta mencerahkan rona wajah.
Kita dapat merasakan khasiat Labu air dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat Masker ekstrak labu air di bawah ini.

            Masker Ekstrak Labu Air
Bahan : 1 buah labu air ukuran kecil
Cara   : Cuci bersih labu, kemudian dipotong-potong tanpa membuang kulitnya. Setelah itu diblender hingga halus dan siap digunakan ke wajah hingga mongering. Baru dibersihkan atau dibilas.

4.      Kacang Panjang
Kacang panjang segar mengandung sederet antioksidan yang penting bagi tubuh, seperti vitamin C, riboflavin dan betakaroten yang berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk mempertahankan kekuatan jaringan lapisan kulit dalam dan mempertajam kualitas penglihatan di malam hari. Serta kaya akan folat yang penting bagi proses sintesis DNA, pembelahan sel dan mencegah risiko kanker. Selain kandungan di atas, kacang panjang juga sarat dengan mineral dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.
Bagi kecantikan kacang panjang bermanfaat untuk membuat kulit sehat dan cerah serta membesarkan ukuran payudara, wow banget bukan? Simak caranya di bawah ini.

            Masker Kacang Panjang
Bahan  : 10 batang kacang panjang
              Handuk bersih dan air hangat
Cara     : Cuci bersih kacang panjang, kemudian ditumbuk halus tanpa diberi tambahan apapun. Setelah halus dioleskan searah jarum jam di bagian payudara yang sudah dibersihkan dengan air hangat menggunakan handuk. Hindari bagian puting.  Biarkan selama 1-3 jam, lalu dibersihkan kembali dengan air hangat.
Untuk hasil maksimal, dilakukan secara rutin 3 kali seminggu selama dua bulan.
           
5.      Wortel
Wortel kaya kandungan vitamin, yaitu vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan dan fungsi kekebalan tubuh; Vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan; vitamin B (biotin) untuk metabolisme lemak dan protein serta vitamin B6 yang berperan mengubah makanan menjadi energi. Disamping itu juga mengandung mineral kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah dan serat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu menurunkan kadar gula darah.
Kandungan zat gizi yang kaya membuat wortel berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung, merawat mata, mencegah kanker, menjaga kesehatan otak, anti radang dan menjaga kesehatan mulut.
Dalam kecantikan wortel juga mempunyai banyak khasiat, diantaranya untuk mengurangi kemerahan dan bekas luka, mencegah dan mengatasi efek buruk matahari, mengurangi jerawat, menstimulasi produksi kolagen sehingga mencegah penuaan dini serta membuat wajah bersinar.
Cara membuat masker wortel juga mudah sekali dan tidak perlu waktu lama. Yuk, kita praktekkan seperti contoh di bawah ini.


            Masker Wortel
Bahan  : wortel 1 bh
              Telur ayam 1 bh (bagian putihnya)
Cara     : Wortel yang telah dicuci bersih, diparut sampai halus. Kemudian tambahkan putih telur dan dicampur hingga rata. Lalu oleskan ke bagian wajah, biarkan selama 30 menit, baru dibilas.

Demikian ulasan tentang manfaat sayur bagi kecantikan, keren banget ya. Sehatnya dapat dan cantiknya juga dapat. Buat Kamu, selamat mencoba dan menikmati khasiatnya

Sumber :
2.      http://manfaat.co.id
3.      Pixabay.com

#kecantikan
#cantikdarisayur





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??