Tidak Perlu Membeli Suplemen Yang Mahal, Lakukan 5 Cara ini, Akan Membuat Anak Sehat Dan Cerdas



Hi Dears,

Mempunyai anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Harapannya, dengan mempunyai anak seperti ini, maka masa depan anak akan lebih terjamin dan tidak menjadi beban bagi orang tua. Berbagai cara pun dilakukan untuk mewujudkan hal itu, bahkan tanpa sayang mereka membelanjakan lebih, termasuk membeli suplemen yang harganya mahal. Namun, tahukah Kamu, ada 5 cara yang bisa dilakukan tanpa bantuan suplemen, agar anak sehat dan cerdas. Yuk Dears, kita simak caranya.

1.      Memberikan ASI Eksklusif 
Pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada bayi usia 0-6 anak, merupakan tindakan yang tepat dan terbaik, karena ASI merupakan makanan yang sempurna, mengandung semua zat gizi yang diperlukan dan zat kekebalan.. ASI disamping menyehatkan, juga membantu perkembangan otak dan kecerdasan anak. Hal ini telah banyak dibuktikan melalui berbagai penelitian. Seperti yang dilansir edukasi.kompas.com, hasil penelitian McGill University di Kanada menyimpulkan bahwa bayi yang mengonsumsi ASI menunjukkan hasil tes IQ yang lebih baik pada usia 6 tahun.
Ada 3 zat kandungan pada ASI yang penting bagi perkembangan otak, yaitu: Asam lemak acid (DHA), arachidonic acid (AA) dan laktosa.

2.      Memberikan Makanan yang Bergizi
Dears, pemberian makanan yang bergizi dan beragam, akan memenuhi kebutuhan tubuh anak untuk sehat dan penentu utama pertumbuhan dan perkembangan otak. Kekurangan gizi menyebabkan beberapa efek serius seperti kegagalan pertumbuhan fisik, menurunnya perkembangan kecerdasan, menurunnya produktivitas dan kreativitas, serta menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

3.      Sarapan Pagi
Anak yang rajin sarapan pagi memiliki kesempatan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Sperti yang dilansir oleh www.klikdokter.com, berbagai penelitian menyebutkan bahwa anak yang rutin mengonsumsi sarapan pagi memiliki performa dan nilai yang lebih baik di sekolah. Sedangkan pada anak yang tidak sarapan, bisa menyebabkan otak anak terganggu, dengan ciri-ciri: sulit fokus, kurang berenergi, serta memiliki memori dan konsentrasi yang kurang.

4.      Istirahat Yang Cukup
Dears, seperti yang dilansir oleh www.motherandbaby.com, tidur yang cukup mempunyai peran yang penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Tidur bermanfaat meningkatkan produksi hormone pertumbuhan, meningkatkan perkembangan otak melalui stimulasi endogenous dari dalam tubuh dan proses regenerasi sel. 

5.      Berdo’a
Usaha yang keras tidak menjamin anak sehat dan cerdas, sebagaimana do’a juga tidak menjamin keduanya tanpa usaha. Hal yang benar adalah melakukan kedua hal ini secara bersama dan beriringan, karena manusia hanya berusaha. Sang Pencipta dan penguasa alam semesta yang merestuinya.



#kesehatananak
#sehatcerdastanpasuplemen
#kisahmamaminsanis














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??