Wow, 5 Tips Ini Menjauhkan dari Stress Menjelang Persalinan, Melahirkan Menjadi Mudah, Lancar dan Aman, Ibu Serta Bayi Sehat Selamat


Bayi Sehat
Sumber Foto : Koleksi Pribadi

Hi Dears,
Bagi Ibu hamil, kelahiran atau persalinan menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Tentunya semua berharap, akan melahirkan dengan mudah, aman dan lancar. Serta bayi dan ibunya sehat selamat. Namun, pada masa itu, ibu rentan mengalami tekanan atau stress.  Berbagai rasa berkecamuk di dada dan pikiran, rasa cemas mengkhawatirkan keadaan bayi, rasa takut akan kesulitan yang akan ditemui pada proses persalinan, takut tidak bisa didampingi pasangan, takut ASI tidak segera keluar, besarnya biaya yang diperlukan dan lain sebagainya. Semua tekanan ini dapat memicu serangan panic (panic attack) pada saat melahirkan yang berakibat sulitnya proses persalinan itu sendiri.

Oke Dears, untuk mewujudkan persalinan yang diidamkan sesuai harapan. Ibu hamil beserta keluarga perlu melakukan beberapa persiapan penting, agar merasa tenang dan tidak gelisah. Berikut 5 tips dimaksud, yuk, disimak bersama.

1.      Berkonsultasi dengan Tenaga Ahli yang Akan Membantu Proses Persalinan
Dears, Sebelum berkonsultasi, penting untuk menentukan siapa tenaga ahli yang akan dipilih untuk membantu persalinan, berdasarkan informasi / referensi, serta pengalaman yang ada. Dilansir di www.parentingclub.com, menentukan dan berkonsultasi dengan tenaga ahli akan membuat ibu lebih tenang menyambut hari kelahiran. Pastikan dokter atau bidan yang membantu, memahami kondisi dan kebutuhan ibu sehingga proses persalinan menjadi mudah, lancar, dan aman.

2.      Mengikuti Kelas Ibu Hamil
Menurut Depkes RI, 2009, Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama bagi ibu hamil yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir. Mengikuti kelas ini memberikan banyak manfaat untuk mewujudkan kesehatan ibu dan janin. Selain materi yang sangat bagus, ibu juga saling berinteraksi dengan ibu hamil lainnya sehingga bisa saling sharing atau bertukar pengalaman, dan di akhir kelas ada kegiatan senam ibu hamil yang penting untuk memudahkan proses persalinan.

3.      Melakukan Perawatan Payudara 
Dears, perawatan payudara yang baik, sangat penting untuk kelancaran Air Susu Ibu (ASI) setelah melahirkan, serta dapat menjaga bentuk payudara agar tetap baik. Umumnya ibu yang baru melahirkan mengalami beberapa kesulitan terkait pemberian ASI, diantaranya ASI belum keluar, bayi kesulitan menyusu dan lain-lain, sehingga mengalami stress, dan tidak jarang langsung memberikan susu formula untuk menenangkan bayi.  

Dengan mengikuti kelas ibu hamil, ibu akan diajarkan cara perawatan payudara menjelang kelahiran, sehingga proses menyusui berjalan dengan lancar. Bayi mendapat ASI Eksklusif yang sangat baik untuk kesehatan dan proses tumbuh kembangnya kelak.

4.      Persiapan Financial (Keuangan)
Melahirkan merupakan peristiwa yang telah direncanakan sebelumnya, yang memerlukan dana tidak sedikit. Untuk mendukungnya, perlu persiapan financial agar ibu dan seluruh keluarga tenang dalam menyambut kelahiran. Beberapa program untuk mempersiapkan financial menurut heriheryanto.com yaitu : menabung; membuka tabungan rencana tahunan; arisan dan mengikuti asuransi kesehatan.

5.      Banyak Berdo’a
Persalinan merupakan peristiwa besar dalam hidup seorang wanita, sebuah perjuangan yang menjadikan nyawa sebagai taruhan. Selain ikhtiar berbagai persiapan di atas, sepatutnya ibu lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, untuk memohon kelancaran segala sesuatu dalam proses melahirkan. Kekuatan do’a akan menjadikan ibu lebih siap dan tenang menjalani proses kelahiran.

Demikian Dears, 5 tips penting untuk persiapan kelahiran. Menerapkannya akan membuat ibu menjadi tenang, terhindar dari stress menjelang persalinan. Melahirkan menjadi mudah, aman dan lancar, dan ibu serta bayi sehat selamat. Silahkan dilakukan ya Dears, semoga semua sehat dalam lindungan Sang Pencipta. 


#persiapanmelahirkan
#kisahmamaminsanis
#bebasstressmenjelangpersalinan
#melahirkanmudahamanancar
#melahirkanbayisehatibuselamat














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??