Hindari Ancaman Bahaya di Musim Hujan, dengan 5 Tips Berikut, Agar Kamu Tetap Sehat dan Produktif


Sumber Foto: dokter.in

Menjelang akhir tahun, kita memasuki musim penghujan, yang diperkirakan akan terjadi mulai bulan Oktober 2018. Kamu perlu waspada, karena, seperti dilansir di cnnindonesia.com, saat musim hujan, mikroba lebih mudah berkembang biak dan mudah masuk ke tubuh manusia, salah satunya diakibatkan berkurangnya daya tahan tubuh karena faktor perubahan suhu dan lain sebagainya.

Dears, tahukah Kamu, bahaya apa saja yang mengancam dan bagaimana menghindarinya? Berbagai penyakit yang sering muncul pada musim hujan diantaranya: Influenza, demam berdarah, malaria, Tipes, Leptospirosis, dan diare. 5 Tips berikut, akan membantumu tetap sehat dan produktif di musim hujan. Yuk, kepoin satu persatu.

1.      Menjaga Pola Makan Sehat
Makanan yang cocok di musim hujan.
Sumber foto: merdeka.com
     Asupan makanan yang cukup (sesuai kebutuhan dan pola gizi seimbang), akan menjaga tubuh tetap sehat, sehingga mempunyai daya tahan yang baik terhadap kuman atau serangan penyakit. Namun keadaan akan berbalik, apabila asupan ini kurang dari kebutuhan seharusnya. Untuk itu, Kamu mesti memperhatikan hal ini ya Dears.

Selain itu, Kamu perlu menyesuaikan jenis makanan dan pola tepat di musim hujan, misalnya memilih jenis makanan yang bersifat panas atau hangat, seperti sup. Pola makan bisa dipilih dengan porsi kecil tapi sering, karena cuaca yang sejuk, membuat perut terasa lebih cepat. 

2.      Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Salah satu faktor penyebab penyakit yang muncul di musim hujan, adalah kebersihan diri dan lingkungan, sehingga menjadi tempat tinggal atau berkembang biak vektor penyebab penyakit. Misalnya penyakit tipes, demam berdarah dan leptospirosis dan penyakit kulit. Untuk itu penting menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyakit-penyakit ini. Kamu mau kan Dears?

3.      Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup, membuat tubuh tetap fit dan sehat untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sebaliknya, kurang istirahat bisa menyebabkan daya tahan seseorang melemah, sehingga berisiko untuk mengalami sakit. Apalagi perubahan suhu dan cuaca di musim hujan, yang lebih lembab dan dingin, mendukung Kamu untuk banyak beristirahat.

4.      Tetap Melakukan Aktivitas Tubuh 
Musim hujan bukan berarti libur dari aktivitas fisik ya Dears, justru pada saat ini, tubuh memerlukan stamina yang lebih agar tetap fit dan sehat. Salah satu cara mencapainya ialah dengan tetap melakukan aktivitas tubuh atau olahraga ringan. Kita dapat memanfaatkan aktivitas yang bersifat indoor  (dalam ruangan) dibanding yang outdoor (di luar ruangan).


5.      Kelola Stress
Musim hujan, rentan dengan situasi yang menyebabkan stress, seperti jemuran pakaian yang menumpuk, jalanan yang macet, kerepotan untuk beraktivitas ke luar rumah dan lain-lain. Untuk itu, Kamu perlu pintar mengelola stress atau hal-hal yang dapat membuat hidupmu tertekan. Caranya dengan tetap berpikir positif, tenang dan melakukan hal yang membuat Kamu lebih rileks dan nyaman melewati musim ini.

Demikian Dears, 5 Tips untuk menghindari ancaman bahaya di musim hujan, agar Kamu tetap sehat dan produktif. Salam sehat selalu.

#tipsmenjagakesehatandimusimhujan
#tipsmenghindariancamanbahayadimusimhujan
#musimhujantetapsehatdanproduktif
#kisahmamaminsanis














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??