Enak Makan Saat Hamil, Ketahui 5 Prinsip yang Baik untuk Mengatasi Mual pada Kehamilan


Sumber Foto: Bidanku.com

Hi Dears,
Kecukupan makanan bergizi sangat penting bagi ibu sejak mengetahui dirinya hamil, karena berguna untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung, untuk kelancaran proses kehamilan dan persalinan. Sayangnya, pada masa awal kehamilan, banyak ibu yang mengeluh mengalami kesulitan makan, karena rasa mual. Bahkan tak jarang, rasa ini timbul secara berlebihan, sehingga mempengaruhi konsumsi makanan yang masuk. Hal ini jangan dianggap sepele ya Dears, karena masa awal kehamilan merupakan saat penting pembentukan semua organ vital sang janin. Kekurangan zat gizi yang diperlukan, berdampak tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin yang akan dilahirkan. 

Cara terbaik untuk menangani keluhan ini adalah dengan mengetahui cara mengatasi mual saat hamil agar ibu tetap enak makan saat hamil, sehingga bisa mendapatkan zat gizi yang cukup melalui makanan yang dikonsumsi. Cari tahu yuk, apa saja 5 prinsip itu.

1.      Porsi Kecil Tapi Sering
Kebiasaan makan dalam porsi normal atau besar sebelum hamil, harus kita ubah ya Dears, menjadi porsi kecil atau lebih sedikit. Hal ini baik untuk mengatasi rasa mual, disamping membantu memudahkan proses pencernaan dan penyerapan makanan. Lalu bagaimana kecukupan gizi ibu terpenuhi jika makanannya sedikit? Oke Dears, walaupun porsi kecil, ibu dianjurkan makan lebih sering sekitar 2-4 jam kemudian, sehingga dapat memenuhi kecukupannya.

2.      Hindari Makan yang Memicu Rasa Mual
Rasa mual umumnya muncul karena adanya peningkatan asam lambung. Untuk itu ibu bisa menghindarinya dengan tidak memilih makanan yang dapat memicu keadaan tersebut. Misalnya, menghindari makanan yang terlalu asam atau terlalu manis, berbumbu banyak atau terlalu pedas.

3.      Hindari Makanan Berkuah atau Basah
Makanan basah atau berkuah, dapat membuat ibu merasa mual dan kehilangan selera makannya. Sebaiknya ibu menghindari makanan ini selama masih merasa mual, dan menggantinya dengan makanan kering. Crackers atau biskuit sesuai selera bisa menjadi alternatif makanan pembuka yang baik untuk meningkatkan mood ibu. 

4.      Minum tidak bersamaan dengan Makan
Bagi sebagian orang, makan bersamaan dengan minum, menjadi kebiasaan sehari-hari. Padahal, seperti dimuat di laman grid.id, ini menyebabkan gangguan kembung, malabsorpsi dan gangguan pencernaan. Untuk itu hindari kebiasaan ini dengan meminum air setengah jam sebelum makan atau 1 jam setelahnya, karena membantu asam mencerna makanan dengan benar, mencegah pembentukan gas, kembung dan keasaman.

5.      Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi 
Dilansir di id.theasianparent.com, makanan berlemak tinggi, mudah sekali untuk menimbulkan rasa mual. Untuk itu sebaiknya kita menghindari jenis makanan ini seperti santan, gorengan dan daging berlemak.

Oke Dears, demikian 5 prinsip makan yang bisa membantumu untuk mengatasi mual saat hamil. Mari dicoba yuk.

#atasimualsaathamil
#enakmakansaathamil
#kisahmamaminsanis














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??