Tubuh Sehat dan Bugar, Wajah Cantik serta Terhindar dari Penyakit, Bisa Kamu Dapatkan Dengan Mengonsumsi Jus Buah dan Sayur, Namun Kamu Perlu Tahu Tips Penting Untuk Mendapatkan Manfaatnya


Jus buah dan sayur.
Sumber: guesehat.com

Hi Dears,
Tahukah Kamu, segudang manfaat dari buah dan sayur? Selain kaya kandungan vitamin, mineral dan serat, keduanya juga merupakan sumber antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas yang merusak tubuh. Apabila Kamu rajin mengonsumsi kedua bahan makanan ini, maka seperti dilansir di laman manfaat-buah.com, akan terhindar dari penyakit kanker, membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah; serta meningkatkan kesehatan tulang, gigi dan kekebalan tubuh. Disamping tubuh sehat dan bugar, ada bonus tambahan berupa wajah cantik. Tentu Kamu mau bukan? 

Sayangnya, masih banyak yang belum mampu mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak atau seharusnya, karena untuk memenuhi kecukupan gizi buah dan sayur, maka volume yang diperlukan cukup besar. Untuk itu, perlu cara khusus agar bisa memenuhi kecukupannya, yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus atau cairan. Dengan bentuk ini, manfaat lainnya akan memenuhi juga kebutuhan cairan. Namun untuk mendapatkan semua manfaat di atas, Kamu perlu tahu 5 tips penting berikut ini.

1.      Cucilah Tangan sebelum mengolah jus
Tangan merupakan organ tubuh yang paling banyak melakukan kontak atau sentuhan dengan barang lain, sehingga berisiko untuk ditempati kuman atau baketri penyebab penyakit. Sebelum mengolah jus, maka penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu, agar kuman dan bakteri yang menempel bisa hilang. 

2.      Perhatikan kebersihan buah dan sayur
Sebagai bahan utama yang akan diolah, kebersihan buah dan sayur mutlak untuk dilakukan. Namun, bahan ini juga berisiko dengan ulat, debu dan kuman lainnya. Maka penting untuk memperhatikan mulai dari pemilihan awal kualitas buah yang akan dibeli hingga pencucian bahan yang telah dibeli. Kamu bisa menggunakan air bersih yang mengalir, atau dengan tambahan cairan khusus pencuci buah dan sayur. 

3.      Perhatikan kebersihan alat  
Alat yang digunakan untuk membuat jus, juga rentan sebagai tempat tinggal kuman dan bakteri, apalagi jika tidak bersih. Bahan membuat jus, yang biasanya menggunakan susu kental manis, menjadi daya tarik bakteri untuk hidup, sehingga jangan sampai terabaikan untuk mencuci terlebih dahulu alat blender atau juicer, sebelum menggunakannya.

4.      Gunakan sabun dan air hangat untuk mencuci alat
Sebaiknya pencucian alat yang telah digunakan dengan memakai air hangat dan sabun. Gunanya untuk memastikan bahwa alat benar-benar bersih, sehingga tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri yang merugikan. 
5.      Jangan menyimpan Jus segar dalam waktu lama
Jus yang baik, bila segera dikonsumsi setelah dibuat. Menyimpan jus dalam waktu lama akan berisiko terhadap kesegaran jus dan juga manfaat/khasiat yang diberikan. 

Demikian Dears, 5 tips penting untuk mendapatkan manfaat jus buah dan sayur, agar tubuh sehat dan bugar, wajah cantik dan terhindar dari penyakit. Yuk, kita terapkan. 

#jussehat
#tipsmendapatmanfaatjus
#jusbuahdansayur
 #kisahmamaminsanis












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Ginjal : Gejala, Faktor Risiko, Penyebab, Cara Mencegah dan Tata Laksana Makan Bagi yang Mengalaminya

Vitamin A: Kapsul Kecil dengan Manfaat Besar. Sudahkah Anda Mengetahuinya??

“ Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Begitu Penting”??